Polres Gunungkidul Luncurkan Pelayanan SIM Masuk Desa

Editor: KRjogja/Gus

WONOSARI, KRJOGJA.com – Kapolres Gunungkidul AKBP Agus Setiawan meresmikan pelayanan Surat Izin Mengemudi (SIM) Masuk Desa (Simade) di Kalurahan Wiladeg Kapanewon Karangmojo, Selasa (28/07/2020). Kebijakan pendekatan dan peningkatan pelayanan kepada masyarakat secara serentak se DIY ini dihadiri Forkopimda Gunungkidul, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Drs Sigit Purwanto MSi, Kadinas Perhubungan Drs Wahyu Nugroho MSi, Kasatlantas AKP Anang Tri Nuviyan, SH, MIP, Penewu Karangmojo Drs Marwoto Hadi MSi dan Forkopimka Kecamatan Karangmojo.

Sebelum dilaksanakan peresmian Simade, Kapolres Gunungkidul AKBP Agus Setiawan membacakan amanat tertulis Kapolda DIY Irjen Pol Drs Asep Suhendar MSi yang menyatakan bahwa dampak Covid-19 telah mempengaruhi berbagai aspek kehidupan termasuk menyangkut layanan kepada masyarakat secara luas. Berkaitan dengan adaptasi kebiasaan baru jajaran Polda DIY membuat sebuah kebijakan dengan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat khususnya dalam proses pembuatan SIM. Dengan kebijakan ini diharapkan tetap produktif, efisien dan terjangkau bagi masyarakat pedesaan dengan tetap melaksanakan protocol kesehatan.

“Kami berharap ke depan ada inovasi-inovasi baru dan tetap mengindahkan protocol kesehatan untuk menghindari terjadinya antrean dan kerumunan,” imbuhnya.

Ditambahkan bahwa program Simade ini nantinya akan terus dikembangkan dan diperluas jangkauan pelayanan meliputi 4 zona yakni di Kapanewon Playen mejangkau Kapanewon Patuk, Paliyan, Panggang dan Gedangsari kemudian di Kapanewon Nglipar dengan jangkauan pelayanan Kapanewon Ngawen dan Semin serta di Kapanewon Tanjungsari dengan jangkauan pelayanan untuk Kapanewon Tepus, Rongkop, Girisubo dan Tanjungsari. Dengan pelayanan empat zona telah disesuaikan dengan jumlah jangkauan pelayanan kapanewon baik di kawasan timur, tengah, selatan utara dan barat. “Layanan Simade ini untuk SIM C proses baru dan perpanjangan dan untuk SIM A baru bias dilayani untuk perpanjangan,” ucapnya.

Kasatlantas AKP Anang Trinuwiyan menambahkan bahwa dukungan sarana dan prasarana (sarpras) untuk proses pelayanan Simade cukup memadahi, terdapat ruang untuk ujian teori maupun praktik. Dengan adanya pendekatan pelayanan harapannya dapat dimanfaatkan sebagik-baiknya oleh masyarakat yang sebelumnya jauh dari pusat pelayanan. (Bmp)

 

BERITA REKOMENDASI