Ponpes Al Hikmah Bertekad Tangani Masalah Sosial

Editor: Agus Sigit

WONOSARI, KRJogja.com – Pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) Al Hikmah Karangmojo, Gunungkidul KH Harun Al Rasyid mengungkapkan, permasalahan sosial di Gunungkidul masih cukup tinggi. Mulai dari bunuh diri, kemiskinan dan lain sebagainya. Sehingga berdirinya ponpes akan dioptimalkan dalam ikut menanggulangi permasalahan sosial. Selain untuk tujuan utama dalam penguatan bidang keagamaan.

“Dorongan masyarakat cukup tinggi. Tanah yang diwakafkan mencapai 1 hektar, sehingga dibuka Al Hikmah III di Nglorog, Kedungpoh, Nglipar,” kata KH Harun Al Rasyid, Selasa (10/08/2021).

Diungkapkan, bahkan soft opening sudah dilakukan pada minggu lalu. Berdirinya ponpes ini mendapatkan dukungan dari masyarakat Nglorog dan tokoh masyarakat. “ Alhamdulillah sudah dibuka meskipun baru soft opening. Untuk tahap awal nantinya akan dibuka Taman Pendidikan Al Quran. Calon santri juga sudah ada sekitar 50 anak-anak,” ujar Harun.

Diungkapkan, Model ponpes Al Hikmah III agak berbeda. Karena ada beberapa rumah warga kosong dan diperbolehkan untuk mukim santri. “ Sehingga tentu ini akan membuat perkembangan ponpes menjadi lebih cepat. Termasuk ada warga pemilik rumah yang bersedia untuk nantinya bila ada santri yang mondok. Ke depan tentunya apabila kondisi pandemi sudah berakhir atau aman akan dilaksanakan grand opening

menghadirkan bupati. Keberadaan Ponpes Al Hikmah selain untuk memberikan pendidikan keagaman, tentunya juga memiliki misi besar dalam ikut memecahkan permasalahan diantaranya bunuh diri, kemiskinan dan lain sebagainya. Sehingga hal ini membutuhkan bantuan doa dan dukungan berbagai pihak,” imbuhnya. (Ded)

 

 

 

BERITA REKOMENDASI