PPKM Darurat Guncang Ekonomi, Peragi Bantu Sembako   

Editor: Ary B Prass

WONOSARI, KRJogja.com –  Membantu penanganan pandemi Covid-19, Perhimpunan Ahli Agronomi Indonesia (Peragi) Komda DIY melaksanakan bakti sosial (baksos) di Gunungkidul.  Kegiatan dikemas dengan memberikan sembako bagi warga terdampak Pandemi Covid-19.

“Sasarannya yakni bagi warga terdampak pandemi di Kapanewon Saptosari dan Tanjungsari. Mudah-mudahan bantuan sembako ini memberikan manfaat,” kata  Ketua Peragi DIY Dr Ir Sumarwoto PS MP, Senin (19/07/2021) .

Turut mendampingi Drs M Husain Kasim MP  dan Sutardi SP MSi. Diungkapkan, selain membantu 100 paket sembako kepada warga, juga memberikan masker serta buku panduan pelaksanaan isolasi mandiri. Aksi ini merupakan bentuk kepedulian Peragi kepada masyarakat terdampak pandemi. Karena situasi ini membuat kondisi ekonomi masyarakat mengalami penurunan atau goncangan. Paket sembako masing-masing berisi 5 kilogram beras, telur ayam dan masker.

“Masyarakat di Tanjungsari, Saptosari banyak yang mengandalkan pertanian hingga pariwisata. Terjadinya pandemi yang membuat diterapkannya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) membuat tempat wisata ditutup. Sehingga hal ini tentunya menggangu aktivitas ekonomi masyarakat,” imbuhnya.

Baksos ini diantaranya menyasar warga di Pedukuhan Wonosobo 1, Banjarrejo, Tanjungsari. Warga menyampaikan terimakasih atas kepedulian Peragi DIY. Karena merupakan bantuan yang masuk pertama sejak terjadinya pandemi Covid-19.  “Warga menyampaikan terimakasih kepada pengurus dan anggota Peragi DIY,” kata Warno salah satu penerima bantuan.

Selain itu, lanjutnya Peragi juga memberikan pembinaan langsung di lapangan berkait dengan budidaya bawang merah. Karena di Gunungkidul yakni Saptosari dan Tanjungsari merupakan daerah sumber budidaya bawah merah. Sehingga diberikan pengetahuan dan pembekalan kepada para petani. (Ded)

BERITA REKOMENDASI