PRNU Bantu Logistik Warga Isolasi Mandiri

Editor: Ivan Aditya

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Banyaknya warga masyarakat yang menjalani Isolasi mandiri (isoman) karena wabah Covid-19 menjadi keprihatinan Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU) di Kalurahan Dengok dan Getas, Kapanewon Playen. Sejak pertengahan Juni 2021 lalu, PRNU Dengok telah membuka donasi dan menyalurkan bantuan kepada warga Dengok yang melakukan isolasi mandiri.

“Awalnya ada sekitar 46 warga yang isolasi mandiri sejak awal Juni lalu dan data itu terus bertambah. Maka, kami berinisiatif untuk membantu warga tersebut,” kata H Purwadi Ketua PRNU Kalurahan Dengok, Kapanewon, Playen, Senin (05/07/2021).

Hingga saat ini, sudah tersalurkan 69 paket sembako, vitamin, dan peralatan mandi kepada warga yang menjalani isolasi mandiri. Gerakan kepedulian itu diinisiasi oleh NU Dengok yang didukung Badan Otonom (Banom) yakni Ansor dan Fatayat. Bantuan itu menyasar ke 6 Padukuhan yang ada di Kalurahan Dengok.

Purwadi berharap apa yang dilakukan oleh NU dapat meringankan beban warga yang menjalani isolasi mandiri sekaligus wujud kepedulian NU kepada warga masyarakat. “Dampak pandemi ini dirasakan semua lapisan. Maka, bantuan ini, meski sederhana, sebagai simbol kepedulian kita,” tegasnya.

Sementara itu PRNU Getas juga melaksanakan program yang sama. Melaksanakan bakti sosial kepada warga isolasi mandiri di Padukuhan Gubukrubuh, Gembuk, dan Ngrunggo Kalurahan Getas. Sulaiman, Pengurus PRNU Getas menuturkan, dalam beberapa waktu terakhir ini banyak warga Getas yang menjalani isolasi mandiri. “Di saat seperti ini, NU harus hadir membesarkan hati mereka dengan bantuan yang kami himpun dan salurkan,” jelas Sulaiman.

Labib Junaidi, Ketua MWC NU Playen menegaskan pentingnya saling membantu di saat yang sulit seperti ini. NU melalui kepengurusan baik di tingkat ranting kalurahan maupun kapanewon Playen terus berupaya menjaga kepedulian kepada jamaah dan warga masyarakat, khususnya yang terdampak langsung pandemi Covid-19. “Semua lapisan perlu untuk saling membantu mengatasi wabah ini. MWC NU Playen siap bekerjasama untuk membantu masyarakat yang terdampak Covid-19,” jelasnya. (Ded)

BERITA REKOMENDASI