Prokes Libur Nataru, Pemkab Gunungkidul Siapkan Banyak Rambu

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Menjelang penerapan PPKM level 3 oleh Pemerintah di seluruh wilayah untuk mengurangi mobilitas masyarakat, pemkab melakukan berbagai antisipasi.

Kepala Seksi Pengendalian dan Operasi, Dinas Perhubungan Gunungkidul, Bayu Susilo Aji, menyatakan dengan adanya penerapan PPKM level 3 saat Nataru, pihaknya terus melakukan berbagai persiapan. Diantaranya melakukan survei lokasi di pintu masuk ke Gunungkidul maupun jalur wisata. Karena diperkirakan jalur-jalur ini akan padat kendaraan meskipun ada pembatasan jumlah pengunjung obwis dengan kuota 50 persen selama PPKM diberlakukan.

“Nantinya kami juga akan menambah rambu-rambu atau papan imbauan pengguna jalan,” katanya, Senin (6/12/2021) malam.

Beberapa fasilitas seperti Penerangan Jalan Umum (PJU), Apill, dan lainnya terus dilakukan perbaikan.Sesuai dengan Inmendagri nomor 62 tahun 2021, pihaknya akan mengikuti arahan pemerintah daerah dalam penerapan aturan tersebut. Sampai saat ini pihaknya juga belum dapat merinci bagaimana penerapan PPKM level 3 Nataru lantaran belum adanya Instruksi Bupati. Namun untuk beberapa tempat seperti perbatasan dan titik-titik keramaian menjadi perhatian pihaknya yang rencananya akan bergabung dengan instansi lain seperti kepolisian dan Satpol PP.

“Petunjuk teknisnya belum ada, tetapi tentunya untuk persiapan terus kami lakukan,” ujarnya.

BERITA REKOMENDASI