Rekayasa Lalin, Liburan Nataru Tak Ada Kemacetan di Gunungkidul

WONOSARI, KRJOGJA.com – Mengantisipasi terjadinya kemacetan arus lalu-lintas pada liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) Kepolisian Gunungkidul akan mengoptimalkan pengamanan dengan melakukan rekayasa dan pengaturan jalur lalu-lintas koordinasi dengan Kabupaten Bantul dan Sleman tergabung dalam operasi bersandi ‘Lilin Progo 2018’.

Khusus di sepanjang Jalan WonosariYogya dan ruas jalan menuju objek wisata pantai di Kabupaten Gunungkidul nantinya mulai Senin (24/12) sejumlah personel akan diterjunkan ke lapangan.”Kita akan upayakan kemacetan baik dari arah Yogya tujuan Wonosari maupun jalan menuju objek wisata pantai tidak terjadi,” kata Kasatlantas AKP Mega Tetuko SIK, Selasa (11/12).

Kepadatan arus lalu-lintas diprediksi akan terjadi mulai minggu ketiga Desember ini dengan didominasi wisatawan yang datang dari arah Yogya tujuan Wonosari dan menuju arah objek wisata pantai selatan. Karena selama peringatan Nataru kepadatan arus lalulintas akan terjadi maka Dinas Perhubungan dimungkinkan juga akan memberlakukan lokasi lampu pengatur lalu-lintas dengan sinyal kedip warna
kuning dan bersifat situasional. 

Dari pengalaman tahun lalu, kemacetan sering terjadi akibat adanya penumpukan kendaraan di pusat pusat konsentrasi massa, terutama wisatawan yang melakukan swafoto.”Untuk titik-titik rawan macet akan diterjunkan tim pengamanan dan petugas pengurai kemacetan,” imbuhnya.

Untuk mengatasi kemacetan arus lalu lintas tujuan objek wisata air terjun Srigetuk dan arah Pantai Ngobaran, Ngrenehan, Baron, Kukup, Krakal, Pulangsawal akan dipecah melalui simpang 3 Gading-Playen-Paliyan lewat Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS). Untuk kendaraan minibus, microbus menuju objek wisata pantai selatan diarahkan melalui simpang 3 Siyono ke kanan, Siraman arah Jalan Baron. Selain itu sebagian kendaraan juga dilewatkan melalui Jalan Agus Salim, Jalan Baron.

Sedangkan wisatawan yang datang dari arah Solo, Sukoharjo, Wonogiri Jawa Tengah dan dari Ponorogo, Pacitan Jawa Timur dilewatkan melalui Jalan Lingkar Baleharjo dan arah Jalan Baron.”Dengan formulasi pengamanan yang diterapkan Polres dan Pemkab Gunungkidul, liburan Nataru tahun lalu tidak terjadi kemacetan panjang,”ucapnya. (Bmp)

BERITA REKOMENDASI