Ribuan Alat Peraga Kampanye di Gunungkidul Melanggar Aturan

Editor: Ivan Aditya

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com –  Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Gunungkidul mencatat adanya ribuan Alat Peraga Kampanye (APK) milik pasangan calon bupati dan wakil bupati Gunungkidul yang diindikasikan melanggar aturan.

Terkait dengan temuan itu Bawaslu langsung mengirim surat rekomendasi ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk segera melakukan penertiban atas temuan pelanggaran pemasangan APK tersebut.

“Berdasarkan hasil penyisiran dan pengawasan yang kami lakukan terdapat 9.253 buah APK di sebanyak 18 Kapanewon melanggar. APK tersebut meliputi baliho, spanduk, rontek, bendera partai, dan bahan kampanye lainnya,” kata Komisioner Bawaslu Gunungkidul, Sudarmanto.

Adapun rinciannya, untuk paslon nomor urut 1 (Sutrisna Wibawa- Mahmud Ardi W) memasang 1.493 APK dan yang ditemukan melanggar sebanyak 473 unit, pasangan nomor urut (Immawan Wahyudi-Martanty Soenar Dewi) memasang 1.685 APK dan yang melanggar 217. Selanjutnya paslon nomor urut 3 (Bambang Wisnu Handoyo-Benyamin Sudarmadi) memasang 2.722 APK dan yang melanggar 354 unit, serta paslon nomor urut 4 (Sunaryanta-Heri Susanto) memasang 3.353 unit APK dan yang melanggar sebanyak 286 unit. ”Data tersebut terhitung sampai dengan 4 November 2020 dan kami akan terus lakukan penyisiran lagi,” ujarnya.

Jenis pelanggaran diketahui mulai dari tata cara pemasangan yang diatur dalam perbup No 86 tahun 2020 dan diperbarui nomor 91 tahun 2020. Terkait dengan temuan itu pihaknya sudah melakukan pengawasan dengan baik dan dari temuan itu petugas lapangan kemudian melapor ke Bawaslu Kabupaten dan menjadi bahan rekomendasi ke KPU untuk segera dilakukan penertiban. “Kami berharap pelanggaran segera ditertibkan,” ucapnya.

Terpisah Anggota KPU Gunungkidul, Rohmad Qomarudin mengatakan jika KPU telah mendapatkan surat rekomendasi akan segera menindaklanjuti dengan mengirim surat resmi ke masing-masing paslon dan akan meminta agar tim dari paslon untuk melakukan penertiban. Jika nantinya tidak segera melakukan penertiban pihaknya bersama Satpol PP dan Polres Gunungkidul akan melakukan penertiban di titiktitik pemasangan APK yang melanggar. (Bmp)

BERITA REKOMENDASI