RS Pelita Husada Gunungkidul Bantah Tolak Pemulasaran Pasien Meninggal 

Editor: Ivan Aditya

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Kasus meninggalnya warga Dusun Kauman Desa Dadapayu, Kecamatan Semanu berdasarkan pemeriksaan dinyatakan ‘Death On Arrival’ (meninggal saat kedatangan). RS Pelita Husada Semanu membantah jika pihak rumah sakit menolak pemulasaraan.

Peristiwa ini bermula pasien berusia 19 tahun datang datang pada, Jumat (23/04/2020) pukul 14.20 di UGD RS Pelita Husada Semanu sudah dalam kondisi kaku. Dokter jaga melakukan pemeriksaan fisik, tanda vital dan pemeriksaan EKG dan memastikan pasien sudah meninggal.

“Hasil penjelasan keluarga yang mengantar, pasien mengeluhkan nyeri ulu hari sejak beberapa hari dan sempat diperiksa di salah satu klinik. Karena pasien datang meninggal maka dokter tidak dapat melakukan pemeriksaan medis,” kata Direktur RS Pelita Husada dr Santoso Aji MKes, Sabtu (25/04/2020).

Diungkapkan, dokter kemudian membuatkan surat kematian dan menyarankan dibawa pulang untuk dibawa pulang ke rumah seperti biasa. Atas persetujuan keluarga, petugas RS Pelita Husada mencarikan ambulan Hargo Kuncoro yang biasa membawa pasien meninggal di RS Pelita Husada.

BERITA REKOMENDASI