Ruang Kelas dan Laboratorium 12 SMP Bakal Direhab

Editor: Ivan Aditya

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Sebanyak 12 Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Gunungkidul akan direnovasi ruang kelasnya pada tahun anggaran ini. Besaran nggaran untuk beaya perbaikan ruang kelas beserta perabotannya mencapai kurang lebih sebesar Rp3,5 miliar.

"Selain ruang kelas juga untuk rehab laboratorium sekolah," kata Kepala Bidang  (Kabid)  SMP Dinas Pendidikan,Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Gunungkidul, Kiswara Senin (04/03/2019).

Dana yang akan  digunakan untuk memperbaiki ruang kelas maupun laboratorium berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dan sudah menunjuk fasilitator.“Fasilitator ini merupakan seorang ahli dalam bidang konstruksi yang akan mengawasi dan mendampingi selama pengerjaan dan  rehabilitasi  di setiap sekolah,” imbuhnya.

Pelaksanaan dan program rehabilitasi dan renovasi ruang kelas dan laboratorium untuk 12 SMP ini dimula bulan April 2019 mendatang. Natinya, di setiap SMP ada panitia pelaksana pembangunan sekolah (P2S) yang di dalam P2S tersebut melibatkan unsur komite sekolah dan faslitator.

“Fungsi P2S adalah pembangunan tidak dikerjakan oleh pihak ketiga supaya benar-benar mengerti apa yang menjadi kebutuhan perbaikan,” ucapnya.

Sementara itu Kepala SMP Negeri 1 Tepus, Heriyanto menuturkan di sekolahnya renovasi bakal menyasar empat ruang kelas. Empat ruang kelas tersebut terbagi menjadi tiga ruang Kelas IX dan satu ruang Kelas VIII.

Renovasi ruang kelas tersebut sangat diperlukan untuk  menunjang aktivitas belajar mengajar."Keempat ruang kelas tersebut perlu direhab agar lebih representatif  digunakan untuk kegiatan belajar mengajar,” terangnya. (Bmp)

BERITA REKOMENDASI