Ruas Jalan Gedangsari – Klaten Bakal Tak ‘Gronjal’ Lagi

Editor: Ivan Aditya

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Normalisasi dan perbaikan jalan akan dilakukan pada ruas jalan provinsi Hargomulyo – Watugajah – Klaten Jawa Tengah. Nantinya normalisasi ini akan didanai APBD Pemerintah Provinsi DIY.

Kepala SeksiPemeliharaan, Bidang Bina Marga, Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (DPUPRKP) Gunungkidul, Wadiyana menjelaskan, ruas jalan yang akan dinormalisasi tersebut kurang lebih sepanjang 4,3 kilometer. ”Prioritas yang akan dilakukan terutama di ruas jalan tanjakan Clongop Kecamatan Gedangsari,” katanya.

Prioritas untuk melakukan normalisasi jalan tersebut mengacu pada sejumlah kondisi, di mana jalur yang merupakan penghubung Gunungkidul dengan Kabupaten Klaten, Jawa Tengah dan terdapat titik ruas jalan yang sangat ekstrem. Proses pengkajian untuk pelaksanaannya telah dilakukan sejak 2019 lalu dan pada 2020 ini, rencananya Perencanaan Detail Engineering Design (DED)-nya dilakukan penyusunan.

Sesuai dengan perencanaannya normalisasi jalan yang akan dilakukan menyangkut tentang ketinggian tanjakan dengan melakukan pengeprasan. Adapun anggaran program ini berasal dari pemerintah provinsi.

Sementara dari pemerintah kabupaten hanya dilibatkan dalam proses pembahasan dan pemantauan. ”Jalan Hargomulyo, Gunungkidul ini cukup vital karena menjadi jalur penghubung antara Gunungkidul dengan Klaten,” ucapnya.

BERITA REKOMENDASI