Sambut 1 Muharam, Lestarikan Budaya

Editor: Ivan Aditya

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Masyarakat Dusun Pengkol, Desa Pengkol, Nglipar menggelar tradisi kirab pusaka dan kuras gentong. Kegiatan dihadiri Wakil Bupati Gunungkidul Dr Drs H Immawan Wahyudi MH, Kabid Pelestarian dan Warisan Budaya Dinas Kebudayaan CH Agus Mantara, Camat Ngawen Witanto.

Prosesi diawali dengan kedatangan kirab pusaka desa di Rumah Kiai Wagino dikawal pasukan bregodo Lombok abang. Selanjutnya pusaka tersebut diterima dan dilakukan jamasan. Hingga akhirnya kirab pusaka dibawa kembali ke desa.

“Kegiatan ini dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam atau 1 Muharram. Serta sebagai wujud melestarikan warisan budaya,” kata Ketua Dewan Kebudayaan Kecamatan Nglipar Muryanto disela-sela acara, Selasa (11/09/2018).

Sebanyak 800 pusaka juga dilakukan jamasan dirumah Sesepuh Wagino. Bersamaan diserahkan bantuan untuk lansia dan yatim piatu Diungkapkan, melalui agenda ini diharapkan Desa Pengkol ke depan menjadi Desa Budaya. Karena telah memiliki potensi mulai dari adat seni dan tradisi. Termasuk kesenian jathilan, reog gejog l;esung, karawitan, tari dan cagar budaya.

"Untuk cagar budaya yang dimiliki yakni Pasarean Ki Jaka Tarub dan Song Putri,” imbuhnya.

Wakil Bupati Gunungkidul Immawan Wahyudi dalam sambutannya menyatakan, Peringatan 1 Muharram diharapkan dimaknai dengan memberdayakan warga kurang mampu. Serta untuk melestarikan kebudayaan.

Kegiatan ini merupakan wujud nyata dari semangat masyarakat untuk menjaga warisan budaya. Selain itu juga mewujudkan kehidupan yang guyup rukun dan bergotong royong. (Ded)

BERITA REKOMENDASI