Sambut ‘New Normal’ Harus Disiplin, Siapkan Protokol Kesehatan

Editor: KRjogja/Gus

WONOSARI, KRJOGJA.com – Ketua Gugus Tugas Penanggulangan Covid 19 Gunungkidul Dr Drs H Immawan Wahyudi MH menilai Gunungkidul siap jika diberlakukan ‘New Normal’. Pelaksanaannya sebenarnya sudah dilakukan dengan adanya berbagai protokol kesehatan yang diterapkan. Karakter Sosial Baru masyarakat ini diantarnay berupa penggunaan masker, menjaga jarak, pola hidup bersi sehat, menjaga jarak hingga cuci tangan.

“Tentunya bila ‘new normal’ diterapkan Gunungkidul sudah siap. Melalui standar protokol kesehatan penanggulangan Covid-19,” kata Immawan Wahyudi, Senin (01/06/2020).

Menurut Immawan, untuk ketersediaan pangan di Gunungkidul masih cukup bagus. Berdasarkan data dari Dinas Pertanian Pangan bahkan surplus. Perilaku masyarakat selain harus menerapkan protokol kesehatan, juga tidak boleh boros atau lebih untuk berhemat. Pemerintah daerah juga siap untuk membantu mendorong kebangkitan ekonomi masyarakat. “ Termasuk jika diperlukan dalam mempromosikan produk baik pangan maupun non pangan,” imbuhnya.

Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Prof Dr Sutrisna Wibawa MPd usai memberikan sosialisasi pencegahan Covid-19 di rumah makan Gunungsewu Karangmojo, Sabtu (30/5) menuturkan, ‘new normal’ merupakan situasi normal baru, tidak sama pra Covid-19. Kehidupan normal baru diterapkan karena Covid-19 belum akan hilang dalam waktu yang cepat. “Sehingga dibutuhkan kehidupan baru masyarakat menggunakan protokol kesehatan. Artinya bisa beraktifitas seperti biasa, namun tetap protokol kesehatan,” imbuhnya.

Jika tidak segera bangkit, lanjut Prof Sutrisna Wibawa, ekonomi akan semakin terpuruk. Karena kehidupan harus tetap berjalan, bekerja memenuhi kebutuhan. Jika nantinya kegiatan ekonomi dibuka perlahan dengan memperhatikan protokol kesehatan akan lebih bagus. “ Termasuk untuk lingkungan pendidikan, bila nantinya akan kembali diaktifkan, harus memiliki protokol kesehatan. Baik itu memakai masker, menjaga jarak, mengukur suhu tubuh dan berbagai hal untuk mendukung pencegahan maupun penanggulangan Covid-19,” jelasnya. (Ded)

 

BERITA REKOMENDASI