Sapi Gunungkidul Berpeluang Sasar Pangsa Nasional

Editor: KRjogja/Gus

WONOSARI, KRJOGJA.com – Puluhan peternak sapi di Gunungkidul mengikuti zoommeeting

dengan pengusaha suskses di New Zealand di salah satu rumah makan di Wonosari, Senin (09/11/2020). Kegiatan ini merupakan inisiatif H Sunaryanta salah satu Calon Bupati (Cabup) Gunungkidul untuk mendorong peningkatan ekonomi usaha peternakan. Karena Gunungkidul merupakan salah satu wilayah DIY yang menjadi gudang ternak dan pengembangan sapi.

Dalam ‘zoommeeting’ tersebut menghadirkan Reza Abdul Jabar pengusaha sukses di Australia yang merupakan warga Pontianak. “ Gunungkidul merupakan gudangnya ternak. Berdasarkan hasil diskusi ternyata kebutuhan nasional cukup besar. Masih tergantung impor daging beku dari negara lain. Sehingga tentu hal ini menjadi pangsa pasar yang menjadi peluang bagi peternak di Gunungkidul,” kata H Sunaryanta.

Diungkapkan, peluang untuk mengembangkan konsep sapi potong masih terbuka. Artinya bagaimana ternak sapi di Gunungkidul ini bisa menyasar pasar secara nasional. Sehingga tentunya akan meningkatkan kesejahteraan bagi peternak. Sebagai contoh dalam satu tahun jika mampu menyuplai kebutuhan daging nasional antara 3.000 sampai 5.000 ton, tentunya akan semakin besar perputaran uang dan mendatangkan pendapatan lebih bagi peternak.

“Bahkan relasi di Jakarta juga sudah siap mendukung, jika Gunungkidul ini nantinya akan ikut menyuplai kebutuhan daging nasional,” imbuhnya.

BERITA REKOMENDASI