Satu Pasien Positif Corona di Gunungkidul Sembuh

Editor: Ivan Aditya

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Jumlah pasien  positif Covid-19 di Kabupaten Gunungkidul bertambah lagi 3 orang dan total dalam jumlah kumulatif selama pandemi korona menjadi 42 warga, Sabtu (06/06/2020). Ketiga pasien  positif tersebut merupakan hasil tracking klaster Semarang (Karangmojo) masing-masing 2 warga Kecamatan Karangmojo dan 1 warga Kecamatan Wonosari.

Mereka itu memiliki riwayat kontak dengan 2 positif sebelumnya yang berprofesi sebagai pedagang ikan keliling dan dinyatakan terpapar dari klaster Semarang. “Ketiga pasien ini memiliki riwayat kontak dengan 2 positif warga Kecamatan Karangmojo,” kata Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul dr Dewi Irawaty M Kes.

Selain bertambah pasien positif juga ada tambahan untuk pasien yang dinyatakan sembuh 1 orang. Sehingga untuk angka kesembuhan dalam kumulatif mencapai 32 orang dan dalam perawatan sebanyak 9 orang serta 1 orang dinyatakan meninggal dunia.

Untuk tingkat kesembuhan, Kabupaten  Gunungkidul relatif tinggi dari angka kumulatif 42 orang ditemukan 1 kasus. “Kita berharap untuk pasien yang saat ini dalam perawatan  bisa disembuhkan semua,” imbuhnya.

Proses tracking dan rapid tes terhadap  temuan tiap klaster termasuk  di Kecamatan Karangmojo ini terus dilakukan dan sebelumnya 2 kasus positif berprofesi sebagai pedagang keliling ini sebantak 200 warga dilakukan rapid test dan sekitar 9 orang dinyatakan reaktif. Dari jumlah tersebut saat dilanjutkan pemeriksaan swab terdapat 3 orang dinyatakan positif. “Ketiga pasien positif tambahan ini kita lakukan penjemputan untuk menjalani  perawatan di RSUD Wonosari,” terangnya.

Sementara data pergerakan Covid-19  hingga Sabtu (06/06/2020 ) total pasien positif kumulatif sebantak 42 orang, Orang Tanpa Gejala (OTG) hasil rapid tes reaktif 396 orang, selesai pemantauan  1.159 orang, dalam pemantauan 86 orang, dirawat 5 orang Pasien dan meninggal 6 orang. Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 150 orang, spesemen dalam proses 29 orang.

“Untuk warga reaktif hasil rapid test sebagian  menjalani karantina di Wisma Wanagama, Playen,” jelasnya. (Bmp)

BERITA REKOMENDASI