Satu Warga Semanu Dinyatakan Positif Corona

Editor: Ivan Aditya

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Jumlah pasien positif Covid-19 di Kabupaten Gunungkidul bertambah lagi satu orang berasal dari Kecamatan Semanu hasil traking dari klaster jamaah tablig Gadungsari, Jumat (22/05/2020). Terkait meningkatnya hasil rapid test reaktif dari 183 orang menjadi 195 atau naik 12 orang dari sehari sebelumnya, lokasi karantina warga reaktif diperluas di Wisma Wanagama Playen.

“Terdapat 14 reaktif Orang Tanpa Gejala (OTG) dikarantina di Wisma Wanagama,” kata Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul dr Dewi Irawaty M Kes, Jumat (22/05/2020).

Dengan bertambahnya jumlah warga positif Covid-19 di Kabupaten Gunungkidul selama kumulamif sebanyak 35 orang, jumlah pasien sembuh setelah dirawat di rumah sakit sebanyak 25 orang, 9 orang masih dalam perawatan dan 1 positif meninggal. Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan Orang Dalam Pemantauan (ODP) meninggal ada 27 orang.

Untuk jenazah kiriman dari zona merah diantaraya dari DKI Jakarta, Jawa Barat dan Jawa Tengah ada lebih dari 20 jenazah. Sementara Dinas Kesehatan masih melakukan tracking terhadap riwayat kontak dari pasien positif dan dominasi terbanyak dari klaster jamaah tabligh.

Termasuk tambahan untuk satu pasien positif tersebut merupakan hasil traking karena adanya riwayat kontak dengan pasien positif. “Dari hasil pemeriksaan Rapid Test, juga swab dan dalam kategori Orang Tanpa Gejala (OTG),” Imbuhnya.

Sementara dari hasil rapid test yang hasilnya reaktif juga semakin meningkat menjadi dari 183 orang menjadi 195 orang yang kini menunggu hasil pemeriksaan swab. Mereka itu ada yang terkait dengan klaster Indogrosir, klaeter tablig atau dikenal klaster Gadungsari dan lainnya dan dalam status orang tanpa gejala.

Saat ini terdapat sebanyak 159, selesai dalam pemantauan 1.009 orang dalam pemantauan untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) juga meningkat menjadi 125 orang dan 9 orang dalam perawatan rumah sakit. “Kita berharap mata rantai penyebaran firus bisa kita antisioasi ,” terangnya. (Bmp)

BERITA REKOMENDASI