SBT Purwosari Atasi Permasalahan Krisis Air Ribuan Jiwa

Editor: Ivan Aditya

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Bupati Gunungkidul melaksanakan groundbreaking Pembangunan Penyediaan Air Baku Sungai Bawah Tanah (SBT) di Temon, Giripurwo, Kapanewon Purwosari. Karena setiap musim kemarau wilayah ini selalu mengalami daerah kekeringan sehingga melalui terobosan SBT akan mampu mengatasi permasalahan atau krisis air di masyarakat.

“Pembangunan ini menjadi solusi nantinya untuk mencukupi kebutuhan air bersih masyarakat,” kata Bupati Gunungkidul H Sunaryanta, Rabu (28/04/2021).

Pelaksanaan groundbreaking pembangunan SBT ditandai dengan bupati melakukan penimbunan pipa. Diungkapkan, melalui pembangunan di kawasan Pantai Bekah ini diharapkan dapat memberikan pemenuhan air bersih di wil;ayah selatan. Pemerintah daerah siap untuk berkoordinasi secara penuh agar pembangunan dapat berjalan lancar. “Program ini untuk solusi kesulitan air bersih di zona selatan,” imbuhnya.

Panewu Purwosari Purwono MSi menuturkan, melalui air baku SBT diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. SBT merupakan potensi harapan terakhir warga agar , krisis air yang selalu muncul di musim kemarau bisa diatasi.

Sementara Kepala Balai Besar Sungai Serayu Opak Dr Dwi Purwantoro MT menambahkan, pembangunan Air baku SBT disediakan dengan kapasitas 17 liter/ detik dengan 4 buah bak penampung. Melalui kapasitas masing-masing 100 meter kibik.

“Standar nasional Indonesia rata-rata kebutuhan air baku 110 liter/hari/orang. Sehingga dengan 17 liter/detik dapat mencukupi kurang lebih 13.362 jiwa,” ucapnya. (Ded)

BERITA REKOMENDASI