Semua Fraksi Sepakat, Kegiatan Kunjungan Kerja Dipangkas

Editor: Ivan Aditya

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Meskipun pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Gunungkidul secara definitif belum terbentuk, tetapi tidak mengurangi semangat kerja para wakil rakyat. Bahkan, dalam rapat koordinasi antarfraksi ada kesepakatan yang cukup mengejutkan, dalam hal ini pimpinan fraksi sepakat untuk mengurangi kegiatan kunjungan kerja (kunker).

Untuk anggota DPRD masa bakti 2019-2024 semua fraksi menyepakati agenda kunker di kurangi, selain dalam rangka menyerap pendapat masyarakat, juga sebagai tindak lanjut pidato Presiden Jokowi tanggal 16 Agutus lalu. “Pengurangan kunker ini sebagai respons positif pidato Presiden,” kata Wakil Ketua DPRD Gunungkidul sementara Suharno SE.

Hal senada juga dikatakan Ketua Fraksi Partai Golkar Gunungkidul Heri Nugroho SS, kesepakatan mengurangi kunjungan kerja selain sebagai tindak lanjut pidato Presiden RI, juga sebagai tekat fraksi di DPRD Gunungkidul agar adanya efisiensi dan efektivitas anggaran. Dalam rapat koordinasi belum dibahas secara detail, tetapi secara aklamasi semuanya setuju mengurangi kunker. “Kalau periode sebelumnya sebulan antara 5-6 kali, dalam periode 2019-2024 diusahakan sebulan paling 2 kali,” tambahnya.

Rapat koordinasi fraksi juga menyepakati pembagian alat kelengkapan (alkap) DPRD dibagi secara proposional. Diharapkan pada praktiknya nanti juga mudah sebagaimana dalam kesepakatan fraksi. Seperti diketahui jabatan alkap ada 16 jabatan, di antaranya 12 jabatan ada di 4 Komisi A,B,C dan D masingmasing 3 jabatan, ketua, wakil ketua dan sekretaris.

Sedang yang 4 jabatan, ada di Badan Kehormatan, 1 ketua dan 1 sekretaris dan Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) terdiri 1 ketua dan 1 sekretaris. Bahkan, diprediksi untuk jabatan Ketua Komisi B dan C akan dipegang Fraksi PDI Perjuangan dan Partai NasDem.

Sementara sampai sekarang DPRD belum dapat membentuk pimpinan definitif masih menunggu surat keputusan (SK) masing-masing partai politik yang akan menduduki kursi pimpinan. “Sampai kemarin belum ada yang menyerahkan SK dari DPP,” kata PLh Sekwan Hery Sukaswadi SH MH.

Namun, untuk empat jabatan ketua akan dipegang sesuai dengan perolehan kursi. Ketua DPRD dari PDI Perjuangan, wakilnya Partai NasDem, Partai PAN dan Partai Golkar. (Ewi)

BERITA REKOMENDASI