Sensus Penduduk 2020 Dilakukan Online dan Manual

Editor: Ivan Aditya

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Kegiatan Sensus Penduduk (SP) di Kabupaten Gunungkidul dilakukan melalui dua cara, yakni dengan sistem online dan manual. Sensus penduduk online sudah dimulai pada Sabtu 15 Februari hingga 31 Maret 2020. Dalam sensus ini Badan Pusat Statistik (BPS) Gunungkidul menargetkan capaian sensus bisa di atas rata-rata target Pemerintah Pusat.

“Target pencapaian sensus online diharapkan bisa lebih tinggi diatas 22,9 persen dari target Pemerintah Pusat,” kata Kepala BPS Gunungkidul, Sumarwiyanto.

Proses sensus penduduk secara online bisa dilakukan melalui situs sensus.bps.go.- id dan bagi warga bisa mendaftar dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Kartu Keluarga (KK), serta membuat kata kunci (password) saat mengakses dan menginput data-data kependudukan ke dalam situs BPS tersebut.

Pelaksanaan sensus ini terkoordinasi dan sosialisasi SP2020 tingkat kecamatan hingga desa di Gunungkidul selesai dilakukan. Sedangkan pendataan penduduk dilaksanakan setiap 10 tahun sekali, seperti di Gunungkidul terakhir pada tahun 2010 lalu, berjumlah 675.182 jiwa dan proyeksi penduduk pada 2019 berjumlah 742.341 jiwa. “Hasil analisis kami pertumbuhan penduduk Kabupaten Gunungkidul mencapai 1,03 persen setiap tahunnya,” ucapnya.

Pihaknya berharap dengan sensus penduduk tahun 2020 ini masyarakat berperan aktif sehingga pelaksanaan pendataan penduduk ini dapat selesai tepat waktu dan berjalan lancar. Sedangkan untuk prediksinya diharapkan cukup stabil dengan mengacu hasil sensus pada 10 tahun yang lalu yakni pada SP tahun 2010. Terkait dengan pelaksanaan di lapangan petugas BPS selain melakukan secara sistem online juga tetap melaksanakan sensus secara manual pada Juli 2020. (Bmp)

BERITA REKOMENDASI