Sensus Penduduk di Gunungkidul Libatkan 721 Petugas

Editor: Ivan Aditya

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Badan Pusat Statistik (BPS) memastikan akan melanjutkan sensus penduduk pada awal September 2020 secara langsung atau dari pintu ke pintu (door to door) dan sasarannya warga yang belum melakukan sensus penduduk secara online pada periode sebelumnya.

Kepala BPS Gunungkidul. Sumarwiyanto mengatakan, tahapan rekrutmen petugas sensus sudah dilakukan beberapa waktu lalu. ”Sensus penduduk secara online akan dimulai pada Selasa 1 September mendatang,” katanya.

Saat ini pihaknya telah melakukan sejumlah persiapan dan untuk pelaksanaan sensus kali ini berbeda dibandingkan dengan sensus pada 10 tahun silam. Karena sensus tatap muka dilakukan ditengah pandemi Korona sekarang ini, petugas lebih mengutamakan penerapan protokol kesehatan.

Terkait dengan pelaksanaan sensus langsung dengan bertatap muka ini pihaknya sudah melakukan rekrutmen petugas sensus untuk 57 koordinator kapanewon dan 721 petugas sensus. ”Petugas tersebut mayoritas bertugas di wilayah kalurahan masingmasing. Namun ada juga yang ditugaskan di lintas kalurahan dengan berbagai pertimbangan, mulai jarak tempuh maupun jumlah petugasnya,” imbuhnya.

Untuk melakukan persiapan pada tanggal 26 dan 27 Agustus mendatang akan dilakukan rapid test bagi petugas. Langkah ini dilakukan untuk mengetahui kondisinya petugas yang nantinya akan diterjunkan ke lapangan. Kemudian pada tanggal 28-31 Agustus 2020 akan dilakukan distribusi perlengkapan dan peralatan untuk menunjang penerapan protokol kesehatan diwajibkan disiplin mengenakan masker, jaga jarak dan menggunakan hand sanitizer.

Memang ada sedikit perubahan tata kelola dalam pelaksanaan sensus langsung ini. Untuk outputnya mulai dari status kependudukan, kepemilikan NIK, dan lainnya.Untuk responnya sendiri mudah-mudahan bagus dan pihaknya berharap terjalin kerjasama yang baik. ”Kami mohon kerjasama dengan masyarakat dalam pencatatan data kependudukan ini,” terangnya. (Bmp)

BERITA REKOMENDASI