Siswa SMK Harus Siap Masuk Pasar Tenaga Kerja

Editor: Ary B Prass

 

 

WONOSARI, KRJOGJA.com –  Mendorong kesiapan siswa SMK dalam terjun ke dunia usaha, Edge Resort Yogyakarta mengadakan kegiatan lomba mengolah makanan tradisional dan Housekeeping yang diikuti para siswa dari SMKN 1 Purwosari dan SMKN 3 Wonosari.

Komisaris PT Resor Tebing Samudera Farsijana Adeney Risakotta, Minggu (13/02/2022)  mengungkapkan, bentuk dukungan itu diwujudkan melalui kegiatan lomba di Joglo Adi Satrio. Kegiatan tersebut diikuti oleh 5 kelompok dengan dua orang anggota dari masing-masing SMK.

Sementara itu lomba Housekeeping diikuti oleh 5 orang pribadi dari masing-masing sekolah. “Jumlah peserta adalah 20 orang untuk lomba olahan makanan tradisional dan 10 orang yang mengikuti lomba housekeeping,” ujarnya,

Untuk mensukseskan acara juga mendatangkan juri dari Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarukmo (STIPRAM), Fakultas Bisnis. Menurut Farsijana pariwisata di Kabupaten Gunungkidul perlu mempersiapkan diri melalui penyediaan tenaga kerja terampil dengan kemampuan internasional.

Hal ini disebutnya untuk bisa mengisi dunia perhotelan di wilayah Gunungkidul yang saat ini menjadi tujuan wisata. “Keindahan alam pantai, hutan dan perbukitan karst menjadi daya tarik wisata yang perlu diimbangi dengan penyediaan tenaga kerja terampil,” ujarnya.

Melalui lomba diharapkan  siswa dapat mengenal dari dekat industri wisata maupun perhotelan yang diapresiasi langsung oleh tamu-tamu yang menggunakan fasilitas tersebut selama mereka berlibur. (Ded)

BERITA REKOMENDASI