Staf Perangkat Ujung Tombak Pelayanan

Editor: Ivan Aditya

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Anggota Komisi VI DPR RI Fraksi Golkar Drs HM Gandung Pardiman MM mengungkapkan, peran staf perangkat di kalurahan sangat penting. Menjadi ujung tombak atau tulang punggung dalam pelayanan kepada masyarakat. Sehingga asparasi yang muncul baik itu berkait dengan kesejahteraan, kejelasan status akan diperjuangkan. Bahkan dalam waktu dekat akan difasilitasi pertemuan dengan Komisi II DPR RI yang memang membidangi permasahan tersebut.

“Staf perangkat di kalurahan ini menjadi tulang punggung pelayanan. Kinerja di pemerintah kalurahan akan berjalan dengan baik jika staf perangkat bekerja maksimal. Karena itu, aspirasi yang muncul diperjuangkan,” kata Drs HM Gandung Pardiman MM disela-sela acara Tasyakuran 1 Tahun HUT Persatuan Staf Perangkat Desa Gunungkidul Indonesia (PASTI) di Joglo BUMDes Kalurahan Kemadang, Tanjungsari, Kamis (11/03/2021).

Bersamaan dengan itu diserahkan Bantuan Laptop Kepada PASTI Gunungkidul dari Ketua Umum Golkar DR HC Ir Airlangga Hartanto MBA. Juga dibagikan hadiah diantaranya lemari es, mesin cuci, kipas angin, magicom dan lain-lain. Peringatan HUT PASTI juga dikemas dengan dialog interaktif.

Dalam kesempatan tersebut Gandung Pardiman juga mendorong dibentuknya Kooperasi PASTI. Bahkan Ketua Umum Golkar yang juga Menteri Perekonomian Airlangga Hartanto membantu Rp 100 juta.

“Untuk kepentingan kalurahan saya rela berjuang, tidak hanya sebatas teori tetapi praktek. Keberadaan koperasi PASTI ini nantinya akan memberikan manfaat positip,” imbuh Gandung Pardiman.

Gandung Pardiman mendorong kalurahan sebagai pusat pertumbuhan. Peranan staf perangkat sangat pentig sebagai tokoh. Untuk mendorong kemajuan pelayanan maupun kalurahan. Juga perlu untuk mendorong peningkatan protokol kesehatan (prokes).

Pesan dari Ketua Umum Golkar Airlangga Hartanto, akan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 perlu disukseskan. Sehingga keadaan dan ekonomi menjadi pulih. Termasuk dukungan dibentuknya koperasi dan memberi bantuan Rp 100 juta, agar PASTI memiliki pusat koperasi. Bisa melayani kebutuhan anggota dan tidak terjebak di dalam rentenir. “Program vaksinasi Covid-19 perlu disukseskan dan didukung,” imbuhnya.

Dalam pertemuan ini Drs HM Gandung Pardiman MM juga memberikan bantuan untuk Penerangan Jalan Umum (PJU) yang diusulkan Penewu Tanjungsari Rakhmadian Wijayanto. Bupati Gunungkidul H Sunaryanta memberikan apresiasi kepada PASTI Gunungkidul. Karena telah bekerja secara maksimal dalam pelayanan masyarakat.

Aspirasi atau masukan dari bawah, pemerintah daerah terbuka untuk dilakukan dialog dan juga pertemuan. Sehingga jika ada hal yang perlu disampaikan bisa berkomunikasi secara langsung.

Perjuangan PASTI baik dalam peningkatan kesejahteraan maupun lain, harapannya nantinya menjadi lebih baik. Pemerintah tentunya berupaya secara maksimal, bagaimana untuk menampung aspirasi yang masuk. “PASTI harapannya ke depan terus mendukung pembangunan di Gunungkidul,” ucapnya.

Ketua PASTI Gunungkidul Jumari menuturkan, pelaksanaan tasyakuran ini juga sebagai rasa syukur atas kembalinya status staf di Gunungkidul sebagai perangkat kalurahan berdasarkan surat pemda Gunungkidul. Bahwa staf perangkat kalurahan yang diangkat sebelum perda No 12 Tahun 2016 tetap berstatus sebagai perangkat kalurahan.

Keberhasilan ini juga tidak lepas dari peran Ketua Komisi A yang juga Fraksi Golkar DPRD Gunungkidul Eri Agustin dan dukungan forum solidaritas lurah. “ Selain itu, PASTI juga berharap ada peningkatan kesejahteraan, keseimbangan antara hak dan kewajiban,” jelasnya.

Penewu Tanjungsari Rakhmad Wijayanto menuturkan, peran PASTI sangat dirasakan dalam mendukung program birokrasi di kalurahan. Karena bagaimanapun PASTI memiliki andil cukup besar dalam mensukseskan program atau pelayanan kepada masyarakat.

Mudah-mudahan di HUT pertama ini, apa yang menjadi keinginan maupun aspirasi ke depannya dapat terwujud. “ Semangat pengabdian juga harus terus ditingkatkan,” ujarnya. (Ded)

BERITA REKOMENDASI