Sumur Warga Playen Ambles

Editor: Ivan Aditya

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Bencana tanah ambles terjadi lagi di Kabupaten Gunungkidul dan melanda pekarangan rumah sekitar sumur Karso, warga Dusun Banaran V Desa Banaran, Kecamatan Playen, Jumat (08/03/2019). Peristiwa tersebut mengejutkan masyarakat lantaran sebelumnya belum pernah ada bencana tanah ambles di sekitar lokasi.

”Beruntung sumur tersebut berada jauh dari rumah tinggal sehingga tidak berdampak terhadap terjadinya kerusakan,”kata Karso di lokasi kejadian.

Kecemasan pemilik pekarangan yang tanahnya ambles tersebut tak lain jika hujan deras terus menerus mengguyur bencana ambles akan semakin meluas dan akhirnya mengancam tanah pekarangan maupun permukiman di sekitarnya. Kejadian tersebut pertama diketahui pemilik rumah dan warga sekitar yang beberapa menit menjelang tanah tersebut ambles mendengar suara seperti benda terjatuh.

Pagi harinya dia melakukan pencarian sumber suara dan ternyata sebagian tanah pekarangan sekitar lokasi sumur ambles beberapa meter. ”Karena takut ambles susulan untuk sementara sumur tersebut tidak dipergunakan, terlebih pada bagian dasar sumur terkena reruntuhan tanah dan batu,”imbuhnya.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Edi Basuki MSi ketika dihubungi mengaku sudah mendengar informasi tersebut. Pihaknya akan melakukan kajian terhadap kemungkinan ambles susulan dan meminta masyarakat untuk tidak panik dan yang terpenting agar meningkatkan kewaspadaan. (Bmp)

BERITA REKOMENDASI