Sunaryanta – Heri Susanto Menang Pilkada Gunungkidul Raih 155.878 Suara

Editor: Ivan Aditya

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – KPU Gunungkidul akhirnya menyelesaikan rekapitulasi penghitungan suara pilkada di tingkat kabupaten, Selasa (15/12/2020). Hasilnya Pasngan Calon (Paslon) nomor empat H Sunaryanta-Heri Susanto SKom MSi paling unggul dengan meraih suara terbanyak 155.878 pemilih. Urutan kedua Paslon Nomor Urut satu Prof Dr Sutrisna Wibawa MPd-Mahmud Ardi Widanto Widanto SIP dengan perolehan 144.012 suara.

Adanya selisih sekitar 11.866 suara ini membuat peluang menggugat ke Mahkamah Konstitusi nyaris tertutup. Hal ini dikarenakan sengketa bisa diajukan apabila selisih suara maksimal 1% dari suara sah dalam pilkada.

Penetapan Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Pemilihan Bupati danWakil Bupati Gunungkidul Tahun 2020 dituangkan dalam Keputusan KPU Gunungkidul Nomo 506/PL.01.03-Kpt/3404/KPU-Kab/XII/2020. Ketua KPU Gunungkidul Ahmadi Ruslan Hani mengungkapkan, tentang gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) terkait pilkada tertuang dalam Undan-Undang tentang Pemilihan Gubernur Wakil Gubernur, Walikota Wakil Walikota, Bupati Wakil Bupati.

Dalam aturan tersebut mengatur mekanisme pengajuan dan batasan waktu gugatan ke MK. Untuk bisa menggugat ada mekanisme, yakni maksimal selisih suara tidak boleh lebih dari 1% dari suara sah.

Adapun penentuan maksimal selisih 1% mengacu pada jumlah penduduk di satu wilayah. “Jumlah penduduk di Gunungkidul antara 500.000-1.000.000, maka ditetapkan selisihnya paling tinggi 1% dari suara sah,” ujarnya.

Berdasarkan hasil rekapitulasi dari KPU Gunungkidul, jumlah suara sah yang tercatat ada 470.347 pemilih. Sedangkan jumlah suara tidak sah sebanyak 11.605 pemilih. Ditanya mengenai penetapan calon terpilih, Ahmadi belum bisa memastikan karena masih menunggu surat ketetapan dari MK.

“Nanti ada surat ketetapannya. Jika memang tidak ada gugatan, maka maksimal lima hari setelah surat diterima KPU akan menetapkan kepala daerah terpilih. Tapi jika ada gugatan, maka harus menunggu proses di MK selesai,” imbuhnya.

Heri Nugroho Ketua Tim Pemenangan H Sunaryanta-Heri Susanto mengaku bersyukur atas pleno rekapitulasi penghitungan suara oleh KPU Gunungkidul. Dalam keputusan KPU tersebut Paslon Nomor 4 H Sunaryanta – Heri Susanto menang pilkada.

Bahkan seluruh saksi yang hadir juga sudah menerima dan tanda tangan. Oleh sebab itu, hasil resmi dari KPU mari sama sama dihormati. Setelah Pilkada, masyarakat Gunungkidul harus kembali bersatu, bergotong-royong untuk kemajuan Gunungkidul.

“Nantinya masih menunggu informasi untuk pelantikan. H Sunaryanta-Heri Susanto akan menjadi bupati seluruh warga Gunungkidul,” jelasnya. (Bmp/Ded)

BERITA REKOMENDASI