Sunaryanta Sambangi Warga Tepus

Editor: Ivan Aditya

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Calon bupati H Sunaryanta melakukan sambang warga di Kapanewon Tepus. Selain menemui warga yang bekerjabakti, juga ‘tilik’ warga kurang mampu. Ternyata masih banyak warga miskin yang belum diperhatikan. Termasuk kondisi rumah yang tidak layak huni.

Salah satunya Wonten (80) warga di Blekonang 2 Tepus. Kondisi rumahnya sangat minim dan masih berlantai tanah. “Data menunjukkan Gunungkidul menjadi kabupaten termiskin di DIY. Dibutuhkan program pengentasan kemiskinan yang terarah sehingga mengenai sasaran,” kata H Sunaryanta, Selasa (29/09/2020).

Kunjungan di Kalurahan Tepus masih banyak warga miskin belum tersentuh program bantuan. Diungkapkan, pendataan warga miskin harus tepat. Sehingga bantuan atau program yang ada nantinya tepat sasaran. Jangan sampai ada warga yang justru tidak tersentuh bantuan.

“Masih banyak rumah tidak layak huni. Serta pelayanan kesehatan harus diberikan secara merata. Agar masyarakat dapat hidup sehat dan melalui berbagai program bisa memiliki rumah tinggal yang layak huni,” imbuhnya.

Penanganan kemiskinan, lanjutnya harus dimulai dengan mengembangkan potensi yang ada di daerah masing-masing. Termasuk bagaimana peningkatan sumber daya manusia dan usaha mikro kecil menengah.

Melalui dorongan dan dukungan, nantinya akan mampu meningkatkan ekonomi masyarakat. Bahkan dapat membuka lapangan pekerjaan dan ikut mendukung pengentasan angka kemiskinan di Gunungkidul. “ Sektor UMKM memang perlu mendapatkan perhatian, baik dari awal hingga proses pemasarannya,” jelasnya. (Ded)

BERITA REKOMENDASI