Tahun Ini 58 Kalurahan di Gunungkidul Gelar Pilur

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Pemerintah Kabupaten Gunungkidul pada tahun 2021 mendatang akan menyelenggarakan pemilihan lurah (Pilur) secara serentak. Saat ini telah membentuk tim untuk bersiap melakukan proses penyemputnaan draf peraturan bupati (Perbup) yang mengatur tentang penyelenggaraan pemilihan lurah (Pilur) secara serentak.

Kepala Bidang Pemerintahan Desa, DP3AKBPMD Gunungkidul, M Farkhan menyatakan, sejak beberapa bulan lalu tim yang dibentuk mulai pelakukan penyusunan draf peraturan bupati yang berkaitandengan pemilihan lurah secara serentak. Baik persyaratan calon, peraturan dan tata cara penyelenggaraannya. “Sudah mulai tahapannya dengan penyempurnaan perbup, meskipun pemungutan suarannya direncanakan pada bulan Oktober 2021 mendatang,” katanya, beberapa waktu lalu.

Dalam pemilihan lurah serentak ini akan diikuti sebanyak 58 kalurahan tersebar di 17 Kapanewon yang masa jabatan lurahnya telah habis. Diantaranya Kapanewon Wonosari meliputi kalurahan Wunung, Wareng, Selang, Piyaman, Karangtengah, dan Gari. Kapanewon Playen yaitu Bleberan, Plembutan, Getas, Ngleri, Banaran, dan Gading. Kapanewon Patuk di Kalurahan Pengkok, Beji, Nglanggeran, Putat, Salam, dan Semoyo. Kapanewon Paliyan di Giring, Grogol, dan Pampang. Kapanewon Panggang di Kalurahan Girisekar, Girikarto, Giriharjo, Girimulyo, dan Giriwungu. Kapanewon di Tepus yaitu di Kalurahan Tepus dan Sidoharjo. Kapanewon Semanu di Kalurahan Dadapayu, Pacarejo dan Ngeposari. Kapanewon Karangmojo meliputi Ngipak, Gedangrejo, Karangmojo, Ngawis, Bejiharjo, dan Jatiayu.

BERITA REKOMENDASI