Tangani Penyalahgunaan Narkoba, Kajati DIY Luncurkan Unit Rehabilitasi Adyaksa

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) DIY, Katarina Endang Sarwestri meluncurkan program Unit Rehabilitas Adyaksa di RSUD Wonosari, Rabu (20/07/2022). Ruang ini nantinya akan dipergunakan untuk melakukan rehabilitasi bagi pengguna narkoba.

“Jika dari hasil assesment, tersangka penyalahgunaan narkotika merupakan pengguna dalam jangka waktu pendek atau habis dalam sehari, maka yang bersangkutan masuk kategori untuk direhabilitasi. Yang jelas ada assesment sebelum ditentukan apakah tindakan rehabilitasi diterapkan atau tidak,” kata Kepala Kejati DIY Katarina Endang Sarwestri.

Kegiatan dihadiri Bupati Gunungkidul H Sunaryanta, Plh Kepala Kejari Gunungkidul, Guntur Triyono, Direktur RSUD dr Heru Sulistyowati, DPRD, Forkopimda dan undangan. Plh Kepala Kejari Gunungkidul, Guntur Triyono menyebutkan, amanat dari UU no 35 tahun 2009 tentang narkotika, Pasal 54 menyebut, bagi pecandu narkotika dan korban penyalahgunaan narkotika wajib menjalani rehabilitasi medis dan sosial.

“Unit rehabilitasi Adhyaksa Gunungkidul di RSUD ini wujud penerapan keadilan restoratif pada ranah penuntutan. Harapannya setelah selesai rehabilitasi, pengguna dapat pulih dari ketergantungan baik secara fisik maupun mentalnya lantas dapat diterima kembali di lingkungan sosialnya,” ujar Guntur.

BERITA REKOMENDASI