Target Kunjungan Wisata di Gunungkidul Tak Tercapai

Editor: Ivan Aditya

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Terjadinya bencana alam di Indonesia seperti tsunami di Selat Sunda dan musim penghujan berdampak pada kunjungan wisatawan di Kabupaten Gunungkidul. Jika Dinas Pariwisata (Dispar) menargetkan pada liburan Natal dan tahun baru mencapai 344 ribu pengunjung, jumlah wisatawan tercapai 176.707 orang, sehingga target pada libur Natal dan tahun baru belum tercapai.

”Hingga, Senin (31/12) jumlah wisatawan yang berkunjung ke Gunungkidul sebanyak 176.707 wisatawan,” kata Sekretaris Dispar Gunungkidul Hari Sukmono.

Diungkapkan, menurunnya kunjungan wisatawan ini juga dampak psikis wisatawan terkait bencana alam. Selain itu cuaca mingguminggu ini juga tidak mendukung karena hujan. Namun demikian upaya untuk memaksimalkan layanan bagi wisatawan tetap dilakukan.

Untuk kunjungan, pada hari pertama tahun baru 2019, Selasa (01/01/2018) belum dapat dihitung. Karena harus mencapai satu hari penuh. Akan tetapi ada trend kenaikan, karena pada, Senin (31/12) saja kunjungan wisatawan mencapai 15.665 orang. ”Prediksinya memang untuk awal tahun ini akan naik jumlah kunjungan wisatawan,” imbuhnya.

Pengelola Objek Wisata Gunung Nglanggeran Patuk Sugeng Handoko mengungkapkan, kawasan objek wisata di Nglanggeran juga banyak menjadi pilihan liburan akhir tahun maupun menyambut tahun baru. Untuk jumlah rata-rata pengunjung setiap harinya mencapai 1.000 hingga 1.500 orang. ”Kawasan Gunung Nglanggeran dan Embung menjadi pilihan para wisatawan untuk berlibur,” jelasnya. (Ded/Ewi/Bmp)

BERITA REKOMENDASI