TBG Jadi Icon Gunungkidul, Telan Rp 140 Miliar

Editor: KRjogja/Gus

WONOSARI, KRJOGJA.com – Pelaksanaan pembangunan Taman Budaya Gunungkidul (TBG) sampai sekarang terus dikebut. Bahkan capainnya sudah sekitar 70 persen. Sesuai dengan jadwal tenggat pekerjaan sampai Juni, namun diperkirakan akan selesai pada akhir tahun.

“Memang untuk TBG sekarang sudah mencapai 70 persen pembangunannya. TBG ini akan menjadi Icon Kabupaten Gunungkidul. Karena nantinnya selain akan mendukung pengembangan seni budaya, juga mendorong peningkatan sektor pariwisata,” kata Kepala Dinas Kebudayaan Gunungkidul Agus Kamtono MSi, Kamis (06/08/2020).

Diungkapkan, pembangunan TBG ini berasal dari dana keistimewaan (danais) dengan menelan dana kurang lebih Rp 140 Miliar. Meskipun menggunakan danais, nantinya akan diserahkan kepada pemerintah kabupaten Gunungkidul. Rencananya nanti akan dikelola melalui UPT dan tidak menutup kemungkinan ketika berkembang menjadi BUMD. ” Pembangunannya menelan danais sekitar Rp 140 Miliar,” imbunya.

Agus menambahkan, bangunan TBG di lahan seluas 2,8 hektar diantaranya berupa Auditorium pentas seni Indoor, pentas seni outdoor, panggung terbuka, joglo, tempat parkir, shelter dan sarana pendukung. Termasuk akan dibangun tempat untuk ‘nongkrong’ dan sarana ibadah berupa Musala. “Ketika sudah beroperasi pada Sabtu dan Minggu akan disugukan Kesenian Rakyat Gunungkidul,” ujarnya. (Ded)

 

BERITA REKOMENDASI