Tercatat 8 Kalurahan di Gunungkidul Rentan Pangan

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Dinas Pertanian dan Pangan (DPP) Gunungkidul bekerjasama dengan Food Security Vulnerability Atlas (FSVA) melakukan survei yang hasilnya terdapat 8 kalurahan di kabupaten Gunungkidul tercatat sebagai kelompok kalurahan rentan pangan. Selain itu juga terdapat 1 kalurahan dengan kategori rawan pangan.

Terkait dengan hal tersebut Pemerintah Kabupaten melalui Dinas Pertanian dan Pangan Gunungkidul bersama dengan lintas OPD selama 2 tahun kedepan akan memberikan perhatian khusus untuk 9 kalurahan tersebut. “ Ke 8 kalurahan rentan pangan tersebut meliputi Kalurahan Songbanyu, (Girisubo), Ngawis, (Karangmojo), Girisuko (Panggang), Melikan ( Rongkop), Kalurahan Tepus (Tepus), Kalurahan Wonosari ( Wonosari), Kepek (Saptosari) dan Dadapayu (Semanu),” kata Kepala Bidang (Kabid) Ketahanan Pangan DPP Gunungkidul, Fajar Ridwan, beberapa waktu lalu.

Selain rentan pagan di Kabupaten Gunungkidul juga terdapat satu kapanewon tercatat dari hasil survei sebagai Kalurahan Tegalrejo, Kapanewon Gedangsari. Menurutnya wilayah yang dari hasil survei dikatakan rentan pangan lantaran pemanfaatan pangan dengan indikator rasio jumlah rumah tangga tanpa air bersih terhadap jumlah rumah tangga.

BERITA REKOMENDASI