Terseret Arus Selatan, Kusno Tewas

WONOSARI (KRjogja.com) – Empat orang pengunjung pantai Selatan, Gunungkidul, Yogyakarta terseret gelombang di dua pantai, yakni Baron dan Watu Kodok siang tadi. Akibatnya, satu orang meninggal dunia.

Menurut Koordinator SAR Satlinmas Korwil II Gunungkidul Marjono, kejadian di Pantai Baron  bermula saat Andrey Kurniawan (24) dan rekannya Kusno (30), warga Karanganyar, Jawa Tengah berenang di sekitar sungai yang bermura di Pantai Baron. Saat berenang tiba-tiba arus sungai menyeret Kusno.

Melihat temannya tenggelam, Andrey berusaha menolong namun nahas korban malah tenggelam. "Korban baru bisa dievakuasi sekitar sepuluh menit kemudian dalam keadaan meninggal. Untuk temannya bisa selamat," kata Marjono saat dihubungi, Minggu (18/12/2016).

Korban lantas dibawa ke Pos Sar Satlinmas setelah mendapatkan pemeriksaan dari dokter dan petugas kepolisian. Korban kemudian dibawa ke rumah duka di Karanganyar, Jawa Tengah. "Tadi langsung dibawa ke rumah duka," imbuhnya.

Ada beberapa kali kecelakaan laut hari ini. Untuk Minggu pagi juga terjadi di Pantai Watu Kodok. Dua orang wisatawan yakni Hendryansyah (23) dan Aldi Setiayawan (21) asal Magelang, Jawa Tengah terseret ganasnya ombak Pantai Watu Kodok. Beruntung keduanya mampu diselamatkan oleh petugas SAR. 

Marjono mengatakan, pihaknya sudah berusaha mengimbau para wisatawan untuk lebih berhati-hati, terutama di Pantai Baron, di mana sungai yang berumara di Pantai tersebut saat ini memiliki kedalaman mencapai empat meter akibat tingginya curah hujan. "Kami terus mengimbau, namun banyak wisatawan yang nekat berenang," sesalnya. (*)

BERITA REKOMENDASI