Tiga Kecamatan di Gunungkidul Masuk Kategori Miskin

Editor: Ivan Aditya

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Berdasarkan analisis data dari Pemda DIY dan Badan Pusat Statistik (BPS), di Kabupaten Gunungkidul masih terdapat 3 kecamatan dari sebanyak 18 kecamatan yang ada, masuk dalam kategori miskin. Ketiga kecamatan tersebut yakni Kecamatan Saptosari, Tanjungsari dan Gedangsari.

“Data tersebut diperoleh dan mengacu pada hasil analisa berdasarkan status kesejahteraan individu per wilayah,” kata Kepala Bappeda Gunungkidul, Sri Suhartono.

Dari ketiga wilayah, Kecamatan Saptosari tercatat sebagai daerah dengan tingkat kesejahteraan yang rendah yakni dengan status kesejahteraan penduduknya hanya 67,47 persen. Kemudian disusul oleh kecamatan Tanjungsari dan Gedangsari.

Sejumlah program pembangunan dan pemberdayaan pun terus difokuskan pada tiga kecamatan ini sehingga diharapkan mampu membawa perubahan terhadap masyarakatnya. Selama beberapa tahun ini, pemerintah telah berupaya semaksimal mungkin dalam mengurangi angka kemiskinan di Gunungkidul. “Untuk Tahun Anggaran 2019, terdapat 7 kecamatan yang tengah berkonsentrasi dalam penurunan kemiskinan,” imbuhnya.

Adapun dari masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) juga diharapkan menyadari tugas dan kewajiban mereka. Sehingga dalam penuntasan angka kemiskinan dapat dilaksanakan secara bersama-sama dan terkoordinasi.

Gelontoran program dan dana pun terus diberikan agar nantinya angka kemiskinan di Gunungkidul dapat secara maksimal turun dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. “Kita berharap tahun mendatang angka kemiskinan di Kabupaten Gunungkidul bisa diturunkan,” jelasnya.

Terpisah Camat Saptosari, Djarot Hadiadmojo mengakui wilayahnya masuk dalam kategori termiskin, sejumlah program terus dilakukan genjot terutama untuk meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat. Sejak beberapa tahun terakhir, geliat perekonomian dan lainnya telah mengalami kemajuan terutama melalui sektor wisata.

Selain itu program-program pemerintah berkaitan dengan pembangunan dan pemberdayaan juga terus dipacu. “Kami upayakan terus berbenah agar kesejahteraan masyarakat bertambah,” ucapnya. (Bmp)

BERITA REKOMENDASI