Tiga Siswa SD Tewas Tenggelam

Editor: Ivan Aditya

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Tiga siswa SD Ngloro Kecamatan Saptosari Gunungkidul, yakni siswa kelas 2 dan 3 ditemukan tewas tenggelam dalam satu lokasi sebuah kebun jagung di area persawahan Dusun Karangnongko Angloro Gunungkidul, Minggu (08/03/2020) petang. Nyawa korban Nando (7), Abel (7) dan Yulius (8), warga setempat tak berhasil diselamatkan lantaran saat ditemukan sudah dalam keadaan terapung saat ketiganya bermain air memanfaatkan genangan banjir di area persawahan desa setempat.

”Saat peristiwa terjadi lokasi dalam keadaan sepi, sehingga tidak diketahui warga yang sedang tidak beraktivitas pascaterjadi hujan deras,” kata salah seorang saksi di lokasi kejadian Miyarto warga setempat, kemarin.

Informasi di lokasi kejadian menyatakan, ketiga korban tersebut awalnya bermain air di area persawahan dengan memanfaatkan genangan banjir di lokasi persawahan atau kebun jagung. Sebelumnya, mereka hanya bermain di sekitar genangan air yang dangkal.

Tetapi diduga karena terlalu asyik ketiganya terjebak dalam genangan air lebih dari dua meter. Diduga karena ketiganya tidak bisa berenang menyebabkan mereka tenggelam. Peristiwa tersebut akhirnya diketahui warga dan meskipun upaya pertolongan dilakukan, tetapi ketiga korban sudah dalam keadaan tewas.

Atas kejadian itu saksi langsung memberitahu warga dan melaporkan kejadian ini ke Polsek Saptosari, Gunungkidul. Hasil pemeriksaan tim dokter dan petugas kepolisian tidak ditemukan tanda penganiayaan korban dinyatakan tewas akibat tenggelam.

Kapolsek Saptosari Polres Gunungkidul AKP Wijayadi ketika dihubungi membenarkan kejadian tersebut dan dengan kejadian ini pihaknya meminta masyarakat meningkatkan kewaspadaan. Curah hujan dalam dua hari kemarin cukup tinggi dan menimbulkan aliran air bahkan menimbulkan banjir dan genangan air di sejumlah tempat

Hal ini tentu menimbulkan kerawanan terutama menyangkut warga yang beraktivitas di sejumlah lokasi genangan banjir yang dapat berpotensi menimbulkan ancaman. “Kami mengimbau masyarakat meningkatkan kewaspadaan terutama dengan meningkatnya curah hujan ini,” terangnya. (Bmp)

BERITA REKOMENDASI