Tiket Bus Gunungkidul – Jabodetabek Ludes Terjual

Editor: Ivan Aditya

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Arus balik penumpang Lebaran 2022 dari Kabupaten Gunungkidul dengan tujuan Jakarta Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) mulai terasa sejak H+4 dan H+5, Jumat (06/05/2022). Bahkan tiket bus antar kota antar provinsi (AKAP) saat ini sudah habis terjual hingga Minggu (08/05/2022) besok.

Pengatur Lalu Lintas Terminal Dhaksinarga Wonosari, Aris Farwanto mengatakan dalam dua hari kemarin rata-rata memberangkatkan 90 Bus AKAP meliputi armada reguler dan bus tambahan. ”Pada H+4 diberangkatkan sebanyak 1.800 penumpang menggunakan 89 unit bus, belum termasuk mobil plat hitam,” katanya.

Selain menggunakan bus reguler dan carteran, melonjaknya jumlah penumpang arus balik terpaksa menambah armada untuk keberangkatan dari terminal Wonosari menuju Jabodetabek dengan tambahan sekitar 16 unit bus. Kebanyakan bus AKAP berangkat dari terminal menuju Jabodetabek, sedangkan tujuan luar Jawa terbanyak diberangkatkan Sabtu (07/05/2022) meskipun sejak H+3 sudah terjadi, tetapi dengan jumlah penumpang masih dalam kategori normal terutama dengan tujuan Sumatera.

”Jumlah penumpang ini akan terus bertambah dan puncaknya diperkirakan terjadi Minggu (08/05/2022),” ujar Aris.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Gunungkidul Rakhmadian Wijayanto mengatakan, saat ini arus balik mulai terasa. Peningkatannya mulai tampak sejak dua hari lalu.

Adapun pergerakan arus balik saat ini berbarengan dengan banyaknya kendaraan wisatawan yang menuju Gunungkidul. Kondisi ini menyebabkan kepadatan di sejumlah jalur jalan termasuk ruas jalan rekayasa lalu-lintas.

Tetapi meskipun sejumlah ruas jalan padat pengguna jalan, kemacetan arus lalin berhasil diantisipasi. “Pengamanan terus kami lakukan kerja sama dengan Polri dan instansi terkait,” terangnya. (Bmp)

BERITA REKOMENDASI