Tim KKN-PPM UGM Kembangkan Potensi TOGA

Hal ini juga disoroti oleh tim KKN-PPM UGM dimana terdapat potensi ekowisata yang bertemakan TOGA. Kegiatan bincang online tentang TOGA diikuti oleh masyarakat Desa Nglanggeran khususnya Ibu PKK dan kader kesehatan. Pada pertemuan daring ini disampaikan manfaat kesehatan macam macam tanaman obat seperti: sirih yang dapat dijadikan sebagai antiseptik dan handsanitizer alami; jahe yang dapat digunakan untuk melancarkan pencernaan; dan daun salam untuk menurunkan kadar asam urat. Karena Desa Nglanggeran merupakan daerah penghasil kakao, Belinda juga menjelaskan kandungan aktif dan manfaat kesehatan dari buah kakao.

Selain menjelaskan manfaat, disampaikan pula batasan – batasan dalam penggunaan obat tradisional, misalnya obat herbal tradisional tidak boleh digunakan di area mata secara langsung.

“Saya berharap masyarakat dapat mengambil manfaat sebanyak-banyaknya dari tanaman obat, misalnya saja membuat ekstrak atau minuman untuk kesehatan dengan cara yang baik dan benar”, ujar Belinda.
Selain mengenai manfaat kesehatan, tim KKN-PPM UGM juga menyampaikan cara budidaya tanaman obat keluarga serta potensi ekowisatanya. (*)

BERITA REKOMENDASI