Tingkat Kerawanan Pilkada 2020 Diprediksi Relatif Rendah

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Gunungkidul memprediksi indeks kerawanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020 ini berada pada level tiga dengan nilai akumulasi 47,94 (rendah). Jumlah ini berada di bawah nilai nasional tetapi hal ini akan terus dipantau terutama dalam perkembangannya nanti karena potensi kerawanan tersebut dapat berubah. Sejumlah kiat akan dilakukan Bawaslu dengan lembaga lain untuk melakukan mengantisipasi terjadinya kerawanan.

“Kita akan lakukan terus pemantauan tingkat kerawanan dan berharap dalam kondisi lancar terkendali,” kata Ketua Bawaslu Gunungkidul, Tri Asmiyanto, Jumat (24/9/2020).

Menurutnya ada beragam potensi kerawanan yang dapat terjadi pada pilkada 2020 ini. sebagai contohnya mulai dari politik uang, ketidaknetralan Aparatur Sipil Negara (ASN) serta beberapa kategori pelanggaran yang dapat terjadi. Pihaknya juga berupaya agar yang terjadi pada pemilu tahun lalu tidak terjadi lagi. Untuk mengantisipasi terjadinya kerawanan pihaknya telah melakukan koordinasi dengan pihak terkait untuk ikut melakukan pengawasan dan mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

BERITA REKOMENDASI