Tingkatkan Ekonomi UKM, Perangi Rentenir

Editor: Ivan Aditya

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Bupati Gunungkidul Hj Badingah SSos mengungkapkan, berdirinya gedung baru Bank Daerah Gunungkidul (BDG) harus dibarengi dengan peningkatan kinerja. Termasuk menjalin hubungan yang lebih baik lagi dengan masyarakat dan berbagai pihak. Semakin banyaknya nasabah, membuktikan bahwa kepercayaan terhadap BDG terus meningkat.

“Keberadaan BDG harus bisa memberikan solusi. Serta mendorong peningkatan ekonomi masyarakat. Terlebih Usaha Kecil Menengah,” kata Hj Badingah SSos di dampingi Direktur Utama BDG Rini Widiyanti usai acara Peresmian Gedung Baru BDG di Wonosari, Jumat (08/03/2019).

Kegiatan dihadiri Ketua DPRD Demas Kursiswanto, Kajari Asnawi Mukti MH, Forkopimda, perbankan, Otoritas Jasa Keuangan dan undangan. Termasuk, lanjutnya untuk memerangi rentenir. Serta membantu masyarakat yang terjerat rentenir untuk bisa berusaha dengan sehat.

BDG perlu memfasilitasi masyarakat dalam mengakses permodalan. Melalui bunga yang rendah. Sehingga pedagang yang sebelumnya terjerat rentenir bisa bebas dan mengembangkan usahanya dengan baik.

“Salah satu solusinya pegawai BDG harus hadir di pasar-pasar lebih pagi. Karena para rentenir ini biasanya ke pasar pada jam 2 atau 3 pagi,” imbuhnya.

Rini Widiyanti menambahkan, BDG juga telah meningkatkan layanan kepada masyarakat. Termasuk ikut memberantas rentenir. Sebagai salah satu contoh di Patuk, ada pedagang yang terjerat rentenir dan diberikan fasilitasi sehingga BDG berkomitmen untuk mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat, termasuk memerangi rentenir.

“Kinerja BDG per 31 Desember 2018 jumlah nasabah dan deposito mencapai 58.806 rekening. Dana masyarakat yang dikelola Rp 224,4 miliar. Serta mampu menyalurkan kredit Rp 283,6 miliar. Total asset di akhir tahun 2018 mencapai Rp 355,8 miliar,” jelasnya. (Ded)

BERITA REKOMENDASI