Tingkatkan Produksi Pangan, Pembangunan Dam Parit Diperbanyak

Editor: Ivan Aditya

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Untuk meningkatkan produksi pangan, Diperta memperbanyak pembangunan dam parit. Selain dibangun secara swadaya, Kementerian Pertanian (Kementan) juga membantu beberapa Dam Parit di Gunungkidul. Di antaranya membangun dam senilai Rp 120 juta di Pedukuhan Selonjono, Kalurahan Sawahan, Kapanewon Ponjong.

Peresmian pembangunan dilakukan oleh Kepala Dinas Pertanian Gunungkidul Ir Bambang Wisnu Broto, diawali dengan pengguntingan pita dan penandatanganan prasasti. Hadir dalam acara ini, Penewu Ponjong beserta Forkompika , sejumlah pejabat di lingkungan Diperta, Lurah Sawahan dan anggota kelompok tani (poktan) Selotirto.

”Sejak Dam Parit dioperasikan lahan kering yang biasanya panen sekali, sekarang dapat panen tiga kali padi atau dua kali padi satu kali polowijo,” kata Kepala Dinas Pertanian Gunungkidul Ir Bambang Wisnu Broto.

Untuk Dam Parit Selonjono yang dikelola oleh Kelompok Tani (Poktan) Selotirto ini dapat mengairi sawah seluas 25 hektare. Sebelumnya lahan kering ini hanya tanam padi sekali dan satu kali palawija. Setelah dam ini dioperasikan dapat menanam padi tiga kali. (Ewi)

BERITA REKOMENDASI