Tingkatkan SDM, LPKA Yogyakarta Latih Pemadam Kebakaran

Editor: Ary B Prass

WONOSARI, KRJogja.com– Meningkatkan kemampuan dalam menanggulangi bencana, Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Yogyakarta di Baleharjo, Wonosari bekerjasama dengan Dinas Pemadam Kebakaran Gunungkidul  mengadakan pelatihan pemadaman kebakaran, Selasa (14/09/2021). Kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan keterampilan Sumber Daya Manusia (SDM) LPKA dalam mengantisipasi bencana.

“  Program ini sebagai upaya meningkatkan keterampilan SDM. Sehingga dapat mengetahui baik teori maupun prakter dalam penanggulangan kebakaran,” kata Kepala LPKA Yogyakarta Teguh Suroso.

Kegiatan dihadiri Perwakilan Dinas Pemadam Kebakaran  Bambang Supriyana dan diikuti pegawai serta perwakilan andikpas. Diungkapkan, dengan adanya pelatihan pemadaman kebakaran, tentunya akan membuat kantor menjadi lebih kondusif. LPKA juga sudah memiliki tabung pemadam kebakaran dan sarana pendukung.  “ Sehingga adanya pelatihan tentu akan memberikan pengetahuan dan keterampilan yang maksimal bagi LPKA,” imbuhnya.

Sementara itu Bambang Supriyana menuturkan, kebakaran dapat diakibatkan faktor alam diantaranya sambaran petir, gempa bumi, terik matahari, gunung meletus dan tanah longsor. Sedangkan dari faktor manusia dapat disebabkan kelalaian, kecerobohan dan tidak tahu.

“ Gempa bumi bisa menimbulkan kerusakan gas yang mudah terbakar. Sedangkan suka bercanda menggunakan api bisa menyebabkan terjadinya kebakaran,” jelasnya. (Ded)

BERITA REKOMENDASI