‘Tourism Festival’ Siap Digelar untuk Dongkrak Wisatawan

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com –  Dinas Pariwisata (Dispar) Gunungkidul menyiapkan berbagai program untuk mendorong meningkatnya kunjungan wisatawan. Paling awal di Bulan Maret akan digelar 'Tourism Festival Cokelat' dan rangkaiannya di kawasan Nglanggeran, Kecamatan Patuk. Melalui agenda tersebut diharapkan mampu untuk mendongkrak kunjungan pariwisata. 

“Berbagai program telah dipersiapkan, salah satunya di Bulan Maret digelar 'Tourism Festival Cokelat'. Targetnya mampu mendongkrak kunjungan wisatawan,” kata Kepala Dispar Gunungkidul Ir Asty Wijayanti MSi, Kamis (30/1/2020) malam.

Diungkapkan, selain itu juga akan dilaksanakan Gunungsewurun, Geoparknight specta, bendera raksasa dan Tour Gunungsewu. Selain melaksanakan program diinternal dinas, juga terdapat kerjasama dengan instansi lainnya. Sehingga melalui berbagai program dan diharapkan tidak ada dampak kejadian yang mempengaruhi kunjungan, target Pendapatan Asli Daerah (PAD) sektor wisata sebesar Rp 29,6 miliar 2020 dapat dicapai. 

“Jika berjalan normal tanpa ada efek yang berpengaruh seperti bencana alam, gelombang tinggi maupun yang lain ditargetkan PAD 2020 bisa tercapai,” imbuhnya.

Tahun kemarin 2019,  dari target Rp 27,9 miliar dapat tercapai Rp 25 miliar lebih. Belum mencapai target karena memang dipengaruhi dampak bencana alam di tri wulan pertama tahun 2019. Untuk sekarang 2020,  berkait dengan adanya kasus antraks, Asty mengaku tidak atau belum berdampak pada kunjungan wisatawan. Hal tersebut Nampak pada kunjungan liburan Imlek beberapa waktu lalu, masih cukup tinggi. Karena memang 80 persen wisatawan ini ke wilayah pantai selatan. 

“Mudah-mudahan kunjungan ini akan semakin meningkat di tahun 2020,” jelasnya.(Ded)

 

BERITA REKOMENDASI