Uji Coba Obwis di Gunungkidul, Wisatawan Membludak

Editor: KRjogja/Gus

WONOSARI, KRJOGJA.com – Jumlah pendapatan Kabupaten Gunungkidul dalam uji coba sejumlah objek wisata Pantai Kukup, Baron, Goa Kalisuci dan Gunungapi purba Nglanggeran, Patuk meningkat. Wisatawan membludak, bahkan melebihi kapasitas tempat.

Setelah dalam kurun lima hari dilakukan uji coba seminggu sebelumnya dikunjungi wisatawan sebanyak 13.666 wisatawan dengan kumulatif pendapatan sebesar Rp 120.639.500.

Pada Minggu (5/7) khusus di kawasan obwis Pantai Baron dan Kukup melebihi kapasitas dikunjungi sekitar 7.000 wisatawan hingga meluas sampai Pantai Drini. “Kita sudah lakukan konsolidasi dan sosialisasi kepada masyarakat, jadi meski mereka berkunjung ke pantai Drini, pengelola di sana sudah siap meskipun belum resmi uji coba,” kata Sekretaris Dinas Pariwisata (Dinpar) Gunungkidul Harry Sukmono, Senin (6/7).

Dinpar Gunungkidul menargetkan untuk pekan ini seluruh obyek wisata pantai sudah dilakukan uji coba dengan memperbolehkan pengunjung masuk dengan protokol kesehatan yang ketat. Namun demikian setiap minggu akan akan dikaji ulang. Pihaknya berharap wisatawan yang akan berkunjung ke kawasan pantai untuk membawa peralatan ibadah sendiri, selalu menggunakan masker, hingga tetap menjaga jarak. Sehingga nantinya pengunjung maupun pelaku wisata dijauhkan dari virus yang saat ini tengah menjadi pandemi di sejumlah daerah.

Setelah satu minggu uji coba dilakukan berhasil memasukkan pendapatan lumayan besar dan hal ini akan terus dievaluasi. Memasuki minggu kedua uji coba obwis pantai selatan dalam jumlah kumulatif sudah dikunjungi belasan ribu wisatawan. “Selama ini target kami cukup jelas, agar semua pihak patuh terhadap aturan maupun protokol kesehatan,” imbuhnya.

BERITA REKOMENDASI