Uji Coba Pembukaan Obwis di Gunungkidul, 42 Wisatawan Tersengat Ubur-ubur

Dari data jumlah korban tersengat ubur-ubur selama uji coba pembukaan obwis Pantai Kukup dan Baron tergolong tinggi karena hanya 2 pantai. Sedangkan untuk Pantai Pulangsawal, Sadranan, Krakal, Drini, Watu Kodok, Sepanjang dan Pantai Ngandong yang selama ini diketahui terbanyak ubur-uburnya belum dibuka melayani wisatawan.

Mereka yang tersengat ubur-ubur ini mengeluhkan rasa sakit dan reaksi dari sengatan berbeda-beda mulai dari gatal-gatal, kepanasan, sesak nafas sampai pingsan. “Wisatawan terbanyak yang tersengat ubur-ubur adalah anak-anak. Biasanya mereka tidak mengetahui hewan berwarna biru dan berumbai itu berbahaya,” ucapnya.

Bentuk ubur-ubur ini memang menarik perhatian, khususnya anak-anak karena memiliki bentuk dan warna yang unik. Bentuk warna biru ini seringkali membuat pengunjung ingin menyentuh hewan ini. Ketua SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul Marjono menambahkan kondisi di laut saat ini dingin sehingga ubur-ubur mencari tempat yang hangat di kawasan pantai. “Berkunjung ke pantai selatan tersebut aman, asal mematuhi dan mengikuti imbauan petugas di lapangan,” pungkasnya. (Bmp)

BERITA REKOMENDASI