Ujicoba Pembukaan Obwis Gunungkidul, Raup Rp 120 Juta dan Dikunjugi 13.666 Wisatawan

Editor: Ivan Aditya

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Jumlah pengunjung selama uji coba objek wisata Pantai Kukup, Baron, Goa Kalisuci dan Gunungapi purba Nglanggeran sebanyak 13.666 wisatawan. Kumulatif pendapatan pendapatan asli daerah dari sektor pariwisata terhitung sejak uji coba dibuka Rabu (24/06/2020) hingga Selasa (30/06/2020) berhasil meraup pendapatan sebesar Rp 120.639.500.

“Satu minggu uji coba dilakukan berhasil memasukkan pendapatan lumayan besar dan hal ini akan terus dievaluasi,” kata Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul, Harry Sukmono Kamis (02/07/2020) .

Dari jumlah wisatawan yang datang tersebut, cukup meningkatkan PAD yang selama ini terhenti akibat pandemi Covid-19. Karena itu kedepan pemkab akan terus melakukan evaluasi untuk menentukan langkah lebih lanjut berkaitan dengan pemberlakukan protokol kesehatan yang selama uji coba dilakukan masih perlu ditingkatkan mengingat masih banyak wisatawan yang belum secara patuh melakukan protokol kesehatan. “Selama ini target kami cukup jelas, agar semua pihak patuh terhadap aturan maupun protokol kesehatan,” imbuhnya.

Dengan adanya pandemi Covid-19 dia memastikan untuk target Pendapatan Asli Daerah dari sektor pariwisata di Kabupaten Gunungkidul pada anggaran 2020 ini tidak tercapai. Sejak liburan lebaran yang biasanya menjadi salah satu momen menarik banyak kunjungan, tidak bisa dilakukan karena terdampak Covid-19 sehingga seluruh objek wisata masih ditutup.

Padahal sebelumnya, sektor pariwisata pada tahun 2020 ini menargetkan PAD retribusi sebesar Rp 29 miliar. Dari jumlah tersebut, sampai saat ini baru tercapai sekitar Rp 5,6 miliar. “Dari evaluasi sementara untuk uji coba tahap pertama masih perlu ditingkatkan terutama menyangkut ketentuan wajib protokol kesehatan bagi wisatawan,” terangnya. (Bmp)

BERITA REKOMENDASI