Unriyo Latih Pengolahan Ikan PKK Kanigoro

Editor: KRjogja/Gus

WONOSARI, KRJOGJA.com – Mendorong ekonomi masyarakat, Universitas Respati Yogyakarta (Unriyo) melaksanakan Program Kemitraan Masyarakat di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari. Kegiatan ini dilakukan melalui pelatihan pengolahan ikan menjadi kerupuk ikan.

“Program ini untuk mengembangkan pengolahan potensi pangan lokal Desa Kanigoro yakni ikan. Karena dapat ditingkatkan nilai ekonominya dengan cara diolah menjadi kerupuk ikan. Pelatihan diikuti Kelompok PKK sebagai penggerak ekonomi keluarga,” kata Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan Rr Dewi Ngaisyah SKM MKM dan Metty SSi MPH, Sabtu 9(14/09/2019).

Potensi pangan lokal ikan sedang  dikembangkan sebagai kuliner dan produk  oleh-oleh khas di area wisata pantai Nguyahan, Pantai Ngobaran dan Pantai Ngrenehan.Peserta tidak hanya diberikan pelatihan meningkatkan keterampilan  mengolah ikan saja, namun dibekali sarana peralatan penunjang produksi. Alat tersebut diantaranya timbangan makanan digital, sealer dan vaccum sealer kepada kelompok PKK yang akan berhasrat menjadi sentra produksi.

“Program Kemitraan Masyarakat ini didukung dana hibah Kemenristekdikti,” tambah Dewi Ngaisah.

Dosen Fakultas Ilmu Ekonomi dan Sosial Andre Kussuma Adiputra SE MSi menambahkan, usai pelatihan peserta didampingi untuk menjaga mutu pengolahan, kemasan maupun penentuan harga produk sampai pada menghitung titip impas produksi. Agar menambah semangat dan optimisme bahwa berwirausaha itu menjadi terasa mudah untuk dilakukan. (Ded)

 

BERITA REKOMENDASI