Vaksinasi Covid-19 di Gunungkidul Capai 46 Persen

Editor: Ivan Aditya

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 terus digencarkan di Kabupaten Gunungkidul. Salah satunya kerjasama Kementerian Agama (Kemenag) dengan Badan Intelejen Negara (BIN), Dinas Kesehatan dan pihak terkait melakukan vaksinasi di Pondok Pesantren Darul Qur’an Wal Irsyad Wonosari, Jumat (03/09/2021).

“Vaksinasi di ponpes ini juga dalam rangka persiapan untuk nantinya Pembelajaran Tatap Muka (PTM). Karena sudah merupakan dosis kedua dan mencapai 100 persen akan menjadi contoh model vaksinasi pesantren sebagai sayarat pemberlakukan PTM,” kata Perwakilan BIN DIY Eko Susilo.

Diungkapkan, BIN telah bekerjasama dengan berbagai pihak dalam melaksanakan vaksinasi di berbagai tempat. Selain di ponpes, juga menyasar sekolah dan di Gedung Olahraga menyasar pelajar, umum dan penyandang disabilitas.

“Berdasarkan data capaian vaksinasi di Gunungkidul yang sebelumnya rendah kini mampu meningkat. Bahkan sudah mencapai 46 persen. Harapannya ke depan akan semakin cepat dalam mendukung tercapainya kekebalan kelompok 70 persen,” imbuhnya.

Kepala Kantor Kemenag Gunungkidul H Sa’ban Nuroni menuturkan, kolaborasi bersama BIN, dinkes dan pihak terkait mampu melaksanakan vaksinasi di ponpes. Bahkan di Gunungkidul ada sekitar 36 ponpes yang terdaftar dimana nantinya akan menjadi target sasaran vaksinasi. Termasuk di sekolah-sekolah madrasaha di Kabupaten Gunungkidul. Upaya ini dalam rangka mendukung pencegahan dan penanggulangan Covid-19. (Ded)

BERITA REKOMENDASI