Vaksinasi Moderna Sasar 3.000 Nakes Gunungkidul

Editor: Ivan Aditya

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Dinas Kesehatan (Dinkes) Gunungkidul mulai melaksanakan vaksinasi ketiga bagi para tenaga kesehatan (nakes). Vaksinasi ketiga menggunakan Moderna, untuk melindungi naskes yang memiliki tingkat risiko tinggi terpapar Covid-19. Pelaksanana vaksinasi di mulai dari nakes di Dinkes Gunungkidul sebanyak 400 orang.

“Nakes memang memiliki risiko terpapar lebih tinggi. Karena menangani pasien Covid-19 setiap harinya. Sudah dimulai sebanyak 400 nakes,” kata Kepala Dinkes Gunungkidul, dr Dewi Irawati di Wonosari, Rabu (11/08/2021).

Diungkapkan, jumlah nakes yang akan disasar kurang lebih 3.000 orang. Vaksin ketiga ini harus dengan persyaratan sudah divaksin 2 kali sebelumnya. Nakes memang menjadi sasaran karena bekerja keras untuk menangani pasien covid, karena itu harus diperkuat ketahanan tubuhnya.

“Nakes selain harus bekerja untuk mengobati pasien covid, juga memperhatikan kesehatan dan daya tahan tubuh sendiri. Termasuk ketika selesai bekerja harus kembali ke rumah bagaimana tetap dalam kondisi yang sehat,” imbuhnya.

dr Dewi menambahkan, untuk mempercepat target kekebalan kelompok atau ‘herd imunity’ diperlukan keseimbangan. Artinya ketersediaan vaksin, sumber daya manusia dan sasaran. Sehingga dengan diberikannya vaksin ketika bagi nakes ini harapannya dapat melaksanakan pekerjaan secara lebih baik.

“Harapannya dengan adanya keseimbangan vaksin, tenaga kesehatan dan sasaran, kekebalan kelompok akan dicapai sebelum tutup tahun,” jelasnya. (Ded)

BERITA REKOMENDASI