Vaksinasi Rumah ke Rumah, BIN-Dinkes Gunungkidul Sasar Disabilitas

Editor: Agus Sigit

WONOSARI, KRJogja.com – Pemkab Gunungkidul terus meningkatkan vaksinasi bagi masyarakat. Bahkan Kolaborasi antara Dinas Kesehatan (Dinkes), Dinas Sosial (Dinsos) Badan Intelijen Negara (BIN) dan Kodim 0730 Gunungkidul menyasar kaum disabilitas khususnya tuna netra dan lansia di Karangmojo.

Bersamaan juga digelar menyasar pelajar di MTS Negeri 8 Gunungkidul. Berdasarkan data Dinkes, sudah sebanyak 60 persen warga yang divaksin. “Vaksinasi menyasar disabilitas yang memang memiliki keterbatasan. Tidak bisa datang ke layanan kesehatan. Sehingga upaya melakukan vaksinasi ke rumah-rumah ini cukup efektif,” kata Kepala Dinkes Gunungkidul dr Dewi Irawati, Senin (13/09/2021).

Vaksinasi menyisir kerumah warga maupun madrasah dihadiri Perwakilan BIN DIY Eko Susilo, Kementerian Agama dan pihak terkait. Diungkapkan, untuk di Karangmojo ini menyasar yang tuna netra. Selain itu yang memang tidak bisa datang ke fasilitas kesehatan. Sehingga adanya koordinasi dengan dinkes, kodim , BIN , dinsos dan semua pihak , pelaksanaan vaksinasi akan lebih maksimal.

“Berkait dengan data kasus Covid di Gunungkidul memang mengalami penurunan. Namun demikian masyarakat tetap diminta untuk menerapkan protokol kesehatan,” imbuhnya.

BERITA REKOMENDASI