Warga Daerah Rawan Bencana Dituntut Waspada

Editor: Ivan Aditya

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul mengingatkan kepada warga yang bermukim di daerah rawan bencana untuk selalu meningkatkan kewaspadaan. Hujan beberapa hari ini terjadi dengan intensitas yang cukup tinggi dengan durasi lama, sehingga kondisi tersebut cukup berpotensi menimbulkan bencana alam.

BPBD Gunungkidul mencatat ada enam titik bencana akibat hujan deras disertai angin kencang pada Rabu (11/03/2020) malam. Desa Pengkol Kecamatan Nglipar Karangmojo terjadi tanah ambles di Desa Melikan Rongkop, pohon tumbang menimpa rumah milik Tugiman (62) warga Dusun Sumberejo Kecamatan Nglipar, jaringan listrik tertimpa pohon dan longsor di Desa Pilengrejo Kecamatan Nglipar dan di Desa Tegalrejo Kecamatan Gedangsari.

Tak hanya itu, banjir yang terjadi di Karangmojo juga menutup akses jalan menuju obwis Goa Pindul dan merendam gedung SD Pengkol Nglipar. “Menyangkut banjir yang menggenangi gedung sekolah dan fasilitas umum sudah kita lakukan antisipasi,” kata Kepala Pelaksana BPBD Gunungkidul Edy Basuki MSi.

Khusus untuk Kecamatan Nglipar terdapat tiga lokasi bencana yakni tanah longsor di Desa Pilangrejo tebing yang cukup tinggi longsor dan material longsor yang terdiri batu dan lumpur menutup akses jalan hingga membuat aktivitas warga terganggu. Tebing yang longsor ini berada tepat di tepi jalan dan beruntung jauh dari permukiman warga.

BERITA REKOMENDASI