Warga Desa Giriharjo Terima Bantuan Air Bersih

Editor: Ivan Aditya

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Balai Latihan Kerja Pengembangan Produktifitas (BLKPP) Unit Pelaksana Tenis (UPT) Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi (Disnakertrans) Propinsi DIY menggelar aksi peduli dengan memberikan bantuan air bersih di Dusun Tungu Girimulyo Kecamatan Panggang, Gunungkidul , Kamis (22/08/2019). Bantuan air bersih ini dilakukan karena warga dusun tersebut sudah hampir tiga bulan mengaami kesulitan air.

"Aksi peduli ini kita lakukan agar bantuan air yang kami berikan bisa bermanfaat bagi masyarakat yang saat ini mengalami krisis air, “ kata Kasubag TU BLKPP  DIY Dra Istungkara Hadi Kumara Rini MSi Kamis (22/08/2019).

Bantuan air bersih  sebanyak 20 tangki kapasitas 5.000 liter diberikan untuk  228 Kepala Keluarga (KK)  terdiri dari sebanyak hampir 700 jiwa tersebar di sejumlah RT/RW. Aksi peduli  ini didasarkan atas kerjasama dengan berbagai berbagai  pihak dan permintaan dari  Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Padukuhan (LPMP) Dusun Tungu  Panggang yang menyatakan bahwa sudah tiga bulan masyarakat dilanda kesulitan air bersih.

Dari laporan Ketua LPMD Dusun Tungu, Girimulyo  Rachmadi, untuk mencukupi kebutuhan air bersih, masyarakat terpaksa harus membeli dari swasta dengan harga antara Rp 200 ribu – Rp 250 ribu/tangki. Bahkan untuk membeli air terpaksa harus menjual ternak dan hasil panen terutama gaplek yang saat ini tiap kilogram laku Rp 2.700/kilogram.  “Untuk satu kuintal gaplek, hanya bisa untuk membeli air 1 tangki,” imbuhnya.

Kepala BLKPP DIY  Drs Basuki Murdowo MSi melihat kondisi kesulitan air masyarakat di Gunungkidul dia berharap, pemerintah  Kabupaten Gunungkidul bisa menerapkan skala prioritas. Terutama untuk wilayah terdampak kekurangan air seperti di Dusun Tungu ini. “Kebutuhan air bagi masyarakat adalah vital, karena itu pemkab diharapkan bisa memprioritaskan untuk wilayah terdampak seperti di Desa Girimulyo Kecamatan Panggang Tersebut. (Bmp)

BERITA REKOMENDASI