Warga Pengkol Doa Bersama-Kirab Pusaka

Editor: Ivan Aditya

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Memperingati 1 Muharram 1442 H atau 1 Suro 1954 masyarakat Dusun Pengkol, Kapanewon Pengkol menyelenggarakan doa bersama dan kirab pusaka. Peringatan ini digelar di rumah budaya Ki Joko Narendro di Dusun Pengkol Rt 02, Kalurahan Pengkol dan dihadiri Cucu Sri Sultan HB VIII RM Hertriasning, muspika dan undangan, Rabu (19/08/2020) malam.

Dalam kesempatan tersebut RM Hertriasning menuturkan, peringatan ini sebagai wujud syukur, mudah-mudahan diberikan kesehatan, rejeki lancar, suasana aman tentram dan jauh dari musibah. Peringatan 1 Muharram dimulai dengan doa bersama dzikir dan tahlilan. Selanjutnya dilaksanakan kirab pusaka.

Empat pusaka di Kalurahan Pengkol ini meliputi Pusoko tombak Korowelang, Tombak Kyai Umbul Katon, Pusaka Cemethi Pamuk dan Pusoko Payung Agung . Pusaka ini selanjutnya diarak menuju pemakaman Ki Ageng Damar Jati. Berlokasi di Makam Pengikut Prabu Browijoyo Majapahit ini kemudian dijamasi atau dibersihkan. Rangkaian prosesi dilanjutkan dengan menguras gentong Kyai Sobo yang berada di halaman Rumah Budaya Pengkol.

Panitia Penyelenggaran Ngadino mengungkapkan, peringatan ini bertujuan untuk menjalin hubungan yang baik antar manusia. Meningkatkan kekeluargaan, gotong-royong bersama. Ke depan kaum muda diharapkan untuk ikut merawat dan melestarikan tradisii yang sudah ada. Karena masih dalam kondisi pandemi, peringatan 1 Muharram dilakukan secara sederhana. (Ded)

BERITA REKOMENDASI