Wisata Jadi Andalan, Sapta Pesona Jangan Cuma Slogan

GUNUNGKIDUL (KRjogja.com) – Sedikitnya  400 orang  dari Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) se Gunungkidul tokoh masyarakat melakukan aksi bersih-bersih di Pantai Sundak, Kecamatan Tepus, Jumat (26/08/2016). Kegiatan ini  merupakan Gerakan  Sadar Wisata dan Aksi Sapta Pesona yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata RI.

Gerakan ini  dibuka oleh Wakil Bupati Gunungkidul Dr Immawan Wahyudi MH, dihadiri oleh Kepala Bidang Internalisasi  dan Pengembangan Sadar Wisata Kementerian Pariwisata Yabus Eltosie, Kepala Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Gunungkidul Saryanto ST dan sejumah kepala SKPD.

Seluruh peserta terjun ke pantai dan sekitarnya untuk memungut sampah, dengan tujuan menciptakan sapta pesona di objek wisata Pantai Sundak.

Menurut Yabus, bahwa gerakan sadar wisata ini dilaksanakan secara nasional mulai dari Aceh sampai Papua, dengan tujuan agar para pelaku wisata benar-benar menerapkan sapta pesona dan sadar bahwa wisatawan harus mendapatkan perlakuan yang istimewa.

Ditegaskan bahwa para pelaku pariwisata jika destinasi yang ditawarkan tetap diminati oleh pengunjung harus menerapkan 3S diantaranya Senyum, Salam dan Sapa. “Pariwisata merupakan interaksi dari orang ke orang, sehingga pelaku wisata harus  berlaku ramah, sopan dan tetap menjaga objek wisata dan lingkungannya tetap bersih, nyaman dan ramah lingkungan,” tegasnya. (Awa)

 

BERITA REKOMENDASI